Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Menerapkan Zero Waste dan Hemat Energi di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mengurangi jumlah sampah di bumi, menciptakan rumah dengan konsep zero waste juga dapat menciptakan suasana rumah yang sehat dan hemat energi.

Dengan sistem zero waste, kamu akan terbiasa mengurangi pemakaian dan menggunakan kreativitasmu untuk mendaur ulang barang-barang agar tidak menjadi sampah serta bisa digunakan kembali.

Melansir dari Chariot Energy, Minggu (1/8/2021), berikut ini beberapa perubahan yang bisa dilakukan di rumah.

Kurangi menggunakan barang sekali pakai

Sampah rumah tangga bisa berupa makanan, pakaian, atau peralatan yang digunakan. Kamu bisa memulai mengurangi sampah di rumah dengan memulai menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang.

Hindari membuang barang yang baru digunakan sekali pakai. Jika tidak menggunakannya dalam jangka panjang ,sebaiknya sewa atau pinjam saja dari teman atau keluarga.

Hemat penggunaan energi

Sampah jenis ini tidak bisa ditampung di tempat sampah atau tempat daur ulang. Namun, ini berdampak pada pemakaian energi di rumah.

Beberapa hal yang bisa kamu terapkan di rumah adalah mematikan lampu yang tidak digunakan dan beralih ke lampu LED dan menurunkan suhu pemanas air.

Dengan ini, kamu tidak hanya menggunakan lebih sedikit energi di rumah, tetapi juga memakai energi dengan lebih efektif.

Kurangi sampah rumah tangga

Kebanyakan sampah makanan yang dihasilkan dari rumah tangga dapat terurai di tempat pembuangan akhir. Namun, akan lebih baik jika kamu tidak membuang-buang uang untuk makanan yang akhirnya tidak kamu makan.

Untuk mengurangi jumlah makanan yang terbuang di rumah, sebaiknya simpan makanan dalam wadah sehingga lebih awet.

Selain itu, membeli makanan yang menyediakan wadah kompos di rumah agar sisa makanan bisa didaur ulang.

Kurangi limbah kertas di rumah

Sampah kertas sudah menjadi masalah global, tetapi kita bisa membiasakan diri untuk menghemat penggunaan kertas dan mendaur ulang limbahnya dari rumah.

Untuk mengurangi penggunaan kertas sebaiknya jangan menggunakan piring kertas. Kamu bisa menggunakan piring kaca atau plastik yang bisa dipakai berulang kali.

Selain itu, gunakan serbet kain, menyimpan tanda terima dan bill secara digital, dan mulai mendaur ulang sampah kertas yang kita hasilkan di rumah.

Kurangi sampah plastik

Untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan rumah yang hemat energi, kurangi penggunaan plastik di rumah.

Cara umum yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik di rumah adalah menghindari menggunakan produk plastik sekali pakai, menggunakan tas belanja saat berbelanja, serta membeli barang berbahan plastik yang bisa didaur ulang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/01/175500376/5-langkah-menerapkan-zero-waste-dan-hemat-energi-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke