Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Alasan Pemilik Sebaiknya Ajak Kucing Bermain

JAKARTA, KOMPAS.com-- Menjaga kesehatan kucing tidak hanya bisa cukup dengan memberi makan teratur dan memeriksakan kesehatannya secara rutin ke dokter saja, mengajak mereka bermain juga bisa menjadi salah satu cara agar kesehatan dan kebahagian Si Manis tetap terjaga.

Kebanyakan dokter hewan dan penelitian merekomendasikan dua sesi bermain sekitar 15-20 menit sebagai pedoman minimum untuk kucing.

Semakin banyak bermain semakin baik, tentu saja, tetapi jika kamu cukup sibuk coba saja dan capai minimum ini.

Jika kamu mencari mainan atau aktivitas kucing baru, lihat, panduan mainan kucing terbaik dan lakukan sedikit penelitian tentang permainan apa yang paling mereka suka.

Kucing yang berbeda lebih menyukai jenis dan gaya permainan yang berbeda yang kemungkinan akan berubah seiring bertambahnya usia.

Anak kucing memiliki lebih banyak energi, untuk itu, luangkan waktu sedikit lebih banyak untuk bermain bersama mereka ketimbang kucing yang sudah dewasa.

Kemungkinan kucing akan memiliki kepribadian yang berbeda, yang akan menentukan jenis permainan kucing yang harus dipilih.

Mengapa bermain sangat pengting bagi kucing ?

Dilansir dari Petstradar, Senin (26/7/2021), tidak aktif adalah salah satu penyebab utama obesitas pada kucing, yang kemudian dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik lainnya.

Sedangkan, kebanyakan pemilik kucing sering memberikan makanan yang terlalu banyak pada kucing mereka. Akibatnya, kucing cenderung makan lebih banyak ketika mereka bosan dan kurang terstimulasi. 

Untuk itu, bermain bersama kucing bisa mengurangi risiko obesitas yang akan memengaruhi kesehatan Si Meong.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat lain bermain bagi kucing.

1. Kucing jadi lebih sehat

Kucing yang tidak aktif dapat dengan mudah menambah berat badan dan karena itu


mengatasi masalah kesehatan yang datang dengan penambahan berat badan.

Bermain merangsang indra kucing dan membantu meningkatkan suasana hati mereka, sambil membantu mereka membakar kalori melalui gerakan.

Kucing yang lebih bahagia cenderung menjadi kucing yang lebih sehat yang tidak terlalu stres atau tidak percaya diri dengan rutinitas sehari-hari.

Sesi bermain juga dapat mencegah kucing makan berlebihan, yang juga membantu menurunkan berat badan mereka.

Bermain secara teratur dengan kucing akan membuat kucing semakin terikat denganmu. Jika tidak berinteraksi dengan kucing secara teratur, mereka akan kehilangan minat padamu, atau hanya menempel karena ingin makan saja. Yang artinya kucing tak akan mau dipangku atau


dielus.

Ikatan biasanya sulit terjalin mengingat kamu akan sering meninggalkan kucing karena harus bekerja. Untuk itu, mengajak mereka bermain akan menebus waktu saat kamu meninggalkan mereka di rumah sendirian.

Tak hanya itu, bermain bersama kucing juga akan menurunkan tingkat stres karena lelah bekerja. 

3. Mengajarkan kucing berperilaku lebih baik

Permainan kucing tidak hanya melatih kucing, tetapi juga membantu mereka berperilaku lebih baik.

Kucing yang bosan akan menjelajah sendir, dia bisa saja memanjat tirai, menggaruk kulit sofa, dan menjatuhkan barang dari rak.

Jika kamu tidak bermain dengan kucingmu, mereka akan bersenang-senang sendiri, dan akan menimbulkan rasa ingin tahu, jadi jika kamu khawatir dengan perabotan dan kerapian rumah , bersosialisasi dengan kucing melalui permainan sangatlah penting.

Meskipun kucing tidak dapat dilatih, kamu dapat menggunakan mainan seperti laser pointer dan mainan asah untuk menghentikan kucing (atau anak kucing) melakukan hal-hal seperti menggigit dan mencakar manusia, dan bermain dengan cara yang lebih dapat diterima.

Ini sangat berguna jika kamu memiliki anak, yang bisa terluka karena kucing yang bosan atau stres.

4. Bermain bersama kucing itu menyenangkan

Tak hanya bermanfaat bagi kucing, bermain bersama juga bermanfaat untukmu. Melihat kucing yang berputar, melompat, menerjang atau bahkan berguling saat bermain akan membuatmu merasa senang, bahkan tertawa terbahak. Hal ini bisa bermanfaat bagi kesehatan mental seperti halnya kucing. 

Hal ini adalah alasan mengapa video kucing menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton di internet.

5. Kucing dalam ruangan perlu bermain


 

Jika kamu memiliki kucing dalam ruangan, seperti kebanyakan orang yang tinggal di kota, kamu harus menemukan cara untuk membuat kucing menjadi sibuk.

Kucing luar dapat berkeliaran di luar dan menemukan area baru atau mengejar hewan lain, tetapi kucing dalam ruangan akan membutuhkan lebih banyak stimulasi.

Aktivitas bermain, seperi mengejar laser, akan membuat kucing tidak kehilangan naluri berburu yang biasa mereka asah saat di alam liar.

Kebosanan dan stres dapat terjadi pada kucing dalam ruangan, karena mereka hidup dalam ruang yang sama sepanjang hidup mereka, jadi bermain sangat penting bagi mereka.

Kucing adalah makhluk yang memiliki rutinitas yang harus dijaga tetap sama di setiap harinya. Sehingga adanya perubahan, sedikit saja, seperti mengubah tata letak perabotan, akan membuat mereka stres.


Bermain dapat menciptakan rutinitas untuk membantu mereka mengatasi perubahan, atau dapat mengalihkan perhatian mereka dan membuat mereka merasa lebih nyaman, membantu mereka mengatasi stres sementara yang timbul dari perubahan.

Jika kucingmu pemalu atau bersembunyi karena suatu alasan, mainan yang sudah dikenal dapat membawanya keluar lagi, atau membiarkan kamu cukup dekat untuk mengambilnya atau menghiburnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/26/225328976/6-alasan-pemilik-sebaiknya-ajak-kucing-bermain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke