Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Anak Kucing Dinyatakan Sudah Dewasa?

JAKARTA, KOMPAS.com--Anak kucing akan tumbuh dengan cepat. Mereka akan berhenti bertingkah terlalu kekanak-kanakan dan mencapai usia dewasa.

Selain itu, menentukan kucing sudah masuk pada usia dewasa juga diperlukan untuk mengubah tekstur makanannya menjadi lebih padat.

Lalu, kapan anak kucing sudah masuk usia dewasa? Berikut penjelasan Lauren Demos, BVMS, Hons, DABVP (Feline), kepala petugas veteriner untuk koresponden Pettable and Top Vets Talk Pets, seperti dilansir dari Daily Paws, Kamis (22/7/2021).

"Sebagian besar pertumbuhan kucing terjadi dalam enam bulan pertama," kata Demos.

Selama periode ini, ada kurva pertumbuhan eksponensial. Anak kucing menambah berat badan, mendapatkan massa otot, dan tulang mereka memanjang dengan cepat.

“Anak kucing dapat makan sebanyak yang mereka inginkan pada tahap ini karena mereka membutuhkan nutrisi untuk membangun struktur tulang dan otot yang tepat,” kata Demos.

Anak kucing juga banyak belajar selama fase ini. Ini saat yang tepat untuk mengajarkan banyak hal agar kucing terbuka di masa depan, seperti memotong kuku dan memakan berbagai jenis makanan (kering, basah, dan suwir).

Kucing kecil sudah bisa disebut hampir dewasa setelah satu tahun.

”Untuk rata-rata kucing, 95 persen pertumbuhannya selesai dalam sembilan hingga 12 bulan,” kata Demos.

Bagaimana kamu bisa mengetahui jika kucing sudah dewasa?

Kucing harus berhenti menambah berat badan saat dia selesai tumbuh. Kamu bisa mengamatinya dengan tip berikut dari Demos:

Timbang kucing sekali atau dua kali sebulan. Ketika berat kucing mencapai dataran tinggi dan stabil pada 5 kg sampai 6 kg — berat sehat rata-rata kucing shorthair domestik — itu adalah indikator yang baik bahwa kucing sudah dewasa.

Beberapa ras kucing secara signifikan lebih kecil atau lebih besar dari kucing rumahan rata-rata.

Misalnya, kucing Siam, Sphynx, dan Khao Manee umumnya memiliki berat badan yang lebih rendah dan dapat mencapai ukuran penuh lebih awal.

"Jenis kucing yang lebih besar seperti Maine coon dapat memiliki berat hingga 11 kg atau lebih. Pertumbuhan mereka memakan waktu minimal dua atau tiga tahun," kata Demos,

"Karena mereka jauh lebih besar daripada kebanyakan ras kucing lainnya," imbuhnya.

Tanyakan kepada dokter hewan berapa berat rata-rata kucing dewasa untuk jenis kucing milikmu.

Dengan begitu, kamu akan tahu kapan kucing mencapai kedewasaan dan kapan harus beralih dari makanan kucing ke makanan dewasa.

Seperti kebanyakan spesies, kucing jantan memang tumbuh lebih besar daripada betina. Itu berarti kamu dapat mengharapkan berat rata-rata kucing jantan mendekati 6 kg.

“Saya akan mengatakan kucing jantan biasanya 10 hingga 15 persen lebih besar,” kata Demos. “Tapi kamu tidak pernah tahu. Saya juga bertemu dengan beberapa kucing betina yang sangat besar," lanjutnya.

Faktor lain

Menurut Demos, satu hal yang membuat perbedaan besar dalam pertumbuhan anak kucing jantan adalah sterilisasi.

Melakukan prosedur pada usia dini menghilangkan rangsangan berbagai hormon yang merupakan bagian dari proses pertumbuhan. Hal ini bisa tiba-tiba menghentikan siklus


pertumbuhan.

“Jika diberi pilihan, saya sarankan menunggu sampai anak kucing jantan mendekati usia lima atau enam bulan sebelum menjalani prosedur ini,” kata Demos.

Alasan utamanya adalah karena uretra, saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar, juga akan tumbuh lebih besar jika kamu tidak mensterilkannya terlalu dini.

“Masalah umum pada kucing jantan di paruh pertama kehidupan mereka adalah perkembangan kristal dalam urin mereka,” lapor Demos.

“Kristal itu bisa menyumbat uretra dan menjadi keadaan darurat yang mengancam jiwa. Jika uretra memiliki diameter yang lebih besar, itu mengurangi risiko obstruksi," lanjutnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/22/223356476/kapan-anak-kucing-dinyatakan-sudah-dewasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke