Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Idul Adha, Ini Cara Membersihkan Ruang Tamu dengan Cepat

Walau tidak bisa menerima tamu atau mengadakan open house, tetap saja tidak boleh melewatkan untuk membersihkan dan merapikan rumah, khususnya ruang tamu. 

Kegiatan membersihkan ruang tamu memerlukan waktu dan energi yang besar, terlebih bila memiliki waktu yang singkat.

Namun, dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (19/7/2021), alih-alih membersihkan setiap sudut ruangan, berikut beberapa langkah-langkah merapikan dan membersihkan ruang tamu dengan cepat. 

Merapikan sofa 

Jika sofa sudah terlihat lusuh, waktunya untuk membersihkannya. Untuk membuatnya terkesan lebih rapi dan menarik, susun bantal sofa serapi mungkin.

Selain itu, mengganti sarung bantal sofa sehingga menambah kebersihan dan membuat suasana berbeda. 

Bersihkan meja kopi 

Kekacauan cenderung menumpuk di meja kopi yang berada di ruang tamu. Untuk itu, segera atasi kerusakan kekacauan ini segera.

Jangan lupa merapikan majalah dan singkirkan majalah yang sudah lama. Selain itu, masukkan benda-benda di ruang tamu ke dalam laci seperti remote TV dan remote AC.

Bersihkan cermin 

Membersihkan debu di belakang TV bukan prioritas utama, tetapi menghapus sidik jari yang muncul di layar TV adalah suatu keharusan.

Tak hanya itu, bersihkan cermin dari kotoran. Gunakan semprotan pembersih antigores. Cermin yang bersih dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan tampak berkilau. Jangan lupa membersihkan meja samping cermin atau perabotan lainnya. 

Bersihkan debu 

Untuk membersihkan debu dengan capat dan efisien, gunakan kain mikrofiber. Kain super lembut menyerap debu seperti magnet dan menghemat waktu pembersihan.

Jika tak memiliki banyak waktu untuk membersihkan, coba membersihkan debu dari  permukaan furnitur yang terlihat oleh tamu.  

Cahaya alami 

Membiarkan cahaya alami "membanjiri" ruang tamu dapat membuatnya terasa lebih terbuka dan terang. Demi pencahayaan lebih berkilau, bersihkan noda-noda yang terlihat pada jendela maupun permukaan kaca lainnya. 

Bersihkan bulu hewan peliharaan 

Jika memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di rumah, bersihkan sofa, karpet, dan tempat lainnya yang sering didatangi sahabat bulu.

Selalu simpan rol serat di meja samping sofa. Anda bisa menggunakannya kapan pun seperti saat menonton TV dan membaca buku. 

Luangkan waktu beberapa kali seminggu untuk membersihkan sofa dengan cepat menggunakan roller. Hal ini membantu mencegah atau mengurangi jumlah bulu hewan peliharaan serta memudahkan pembersihan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/19/190000376/sambut-idul-adha-ini-cara-membersihkan-ruang-tamu-dengan-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke