Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Manfaat Rosemary untuk Anjing Peliharaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya bisa digunakan untuk penambah rasa di sajian makanan saja, namun ternyata rosemary bermanfaat untuk hewan peliharaan seperti anjing.

Seperti yang dilansir dari Dogs Naturally Magazine, Selasa (13/7/2021), menurut ahli herbal Gregory L Tilford, rosemary, baik dalam banyak bentuk kering, seluruh tanaman segar, atau teh, dapat digunakan dengan sangat aman pada anjing.

"Pada kenyataannya secara umum dianggap aman oleh Food and Drug Administration (FDA/Lembaga Pengawas Obat dan Makanan AS) untuk digunakan pada manusia dan hewan,” kata Tilford.

Berikut beberapa manfaat rosemary untuk anjing peliharaan Anda.

1. Antimikroba

Ada alasan mengapa rosemary sangat populer sebagai pengawet makanan anjing. Menurut Herbs for Pets, rosemary merupakan pelawan patogen yang hebat terhadap bakteri makanan umum, yang berarti dapat membantu menjaga makanan agar tidak rusak.

Selain itu, kemampuan melawan patogen tersebut akan masuk ke tubuh hewan peliharaan Anda, di mana ia dapat membantu melawan berbagai jamur dan bakteri.

Karena kekuatan antimikroba, rosemary dapat digunakan pada kulit antibakteri atau bilasan mata, untuk membantu luka ringan dan luka bakar, serta untuk infeksi di daerah mulut, saluran kemih dan pencernaan.

2. Antioksidan

Rosemary juga mengandung antioksidan, yang berarti dapat membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh, dan jelas merupakan hal yang baik.


Radikal bebas yang berlebihan dan kerusakan sel yang dihasilkan telah dikaitkan dengan penyakit terkait usia seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

3. Mendukung kesehatan jantung

Rosemary juga dapat membantu jantung dalam beberapa kasus aritmia jantung, serta memperkuat jantung secara umum. Ini bisa membantu hewan yang pulih dari peristiwa traumatis.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Rosemary juga dikenal karena kemampuannya dalam sistem pencernaan, terutama dalam hal gas, gangguan pencernaan dan masalah terkait lainnya.

Di samping itu, karena kemampuan antimikrobanya, itu bisa berguna untuk infeksi gastrointestinal.

5. Pencegah serangga

Salah satu tantangan terbesar bagi pemilik anjing adalah menjauhkan hama dari hewan peliharaannya.

Berlari di rumput dan berjalan-jalan di semak-semak mungkin merupakan hobi favorit anjing Anda, tetapi juga membuatnya rentan terhadap kutu dan serangga lain yang tidak diinginkan.

Rosemary adalah ramuan yang sering dikutip karena kemampuannya untuk mengusir kutu, nyamuk dan serangga lainnya. Tanam semak rosemary sebagai bagian dari kebun untuk membantu mengusir serangga dan Anda juga bisa membuat sabun rosemary sendiri.

6. Penggunaan rosemary untuk bulu berkilau dan penolak kutu

Untuk mendapatkan bulu anjing berkilau dan bebas kutu, Anda perlu menyiapkan satu sendok teh rosemary kering atau satu sendok makan rosemary segar serta satu liter air mendidih.


Kemudian, campurkan rosemary ke dalam air matang dan rendam selama 10 menit dengan wadah tertutup.

Lalu, saring isinya dan biarkan dingin sampai suhu tubuh. Tuangkan di atas anjing Anda setelah bilasan terakhirnya selama mandi.

Gosok kondisioner dan keringkan dengan handuk tanpa dibilas. Gunakan beberapa handuk untuk menghilangkan sisa air pada bulu anjing Anda, dan biarkan dia mengibaskan airnya.

Direkomendasikan seperdelapan sendok teh tingtur (ekstrak rosemary) yang diberikan secara oral sebagai dosis awal, hingga tiga kali sehari. Namun, jangan pernah menggunakan minyak rosemary murni secara internal atau eksternal pada anjing.

Juga jangan gunakan minyak pada hewan peliharaan apa pun dengan gangguan kejang. Hindari menggunakan rosemary untuk hewan peliharaan hamil.

Periksakan ke dokter hewan untuk setiap pertanyaan sebelum menggunakan rosemary ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/13/140000476/simak-ini-manfaat-rosemary-untuk-anjing-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke