Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wajib Tahu, Ini 5 Hal yang Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah

Tentu segala sudut rumah harus bersih, rapi, tertata serta menyingkirkan berbagai kekacauan dari pandangan mata. 

Sayangnya, mata tamu selalu bisa melihat beragam kekacauan di rumah Anda. Selain itu, diam-diam, tamu juga memperhatikan beberapa hal di rumah. 

Nah, melansir dari laman Homes to Love, Kamis (1/7/2021), berikut lima hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung ke rumah Anda. 

Area pintu masuk

Pintu masuk ke rumah adalah kesan pertama yang didapat tamu ketika berkunjung. Untuk itu, Anda perlu membuat area pintu masuk ini tertata rapi dan cantik. 

Mulai dari, menyingkirkan sepatu, menyapu area pintu masuk, membersihkan keset, menyediakan tempat penyimpanan bagi tamu untuk melepas sepatu dan meletakkan tas mereka, hingga meletakkan tanaman atau bunga segar untuk menyegarkan area pintu masuk.

Bau

Pemilik rumah tidak mengira bahwa rumah mereka berbau, tetapi itu adalah hal pertama yang akan diperhatikan tamu.

Karena itu, menggunakan lilin aromaterapi atau minyak esensial adalah ide bagus untuk menciptakan aroma harum yang akan menarik perhatian tamu. 

Cara lain, membuka pintu dan jendela untuk menghirup udara segar, meletakkan bunga segar di ruangan, atau menyemprotkan pengharum ruangan.

Kekacauan

Sesuatu yang berantakan dapat menarik perhatian tamu. Sebetulnya, Anda tidak harus benar-benar membereskan rumah dari setiap kekacauan atau hal yang berantakan, tetapi setidaknya perlu melakukan pembersihan umum. 

Jika tidak mempunyai waktu untuk mengembalikan semuanya ke tempatnya yang benar, lemari pakaian atau cucian dan laci adalah tempat persembunyian yang luar biasa.

Simpan mainan anak-anak di keranjang sederhana dan bergaya stylish, buat laci untuk tagihan, surat, dan admin kehidupan lainnya, singkirkan tumpukan cucian, serta membersihkan tempat-tempat sosial seperti meja makan dan bangku dapur. 

Kamar mandi kotor

Hal yang diperhatikan tamu saat berkunjung ke rumah selanjutnya adalah kebersihan kamar mandi. Jika Anda hanya punya waktu untuk membersihkan satu ruangan di rumah, sebaiknya bersihkan kamar mandi.

Kamar mandi yang kotor tak hanya menjijikan, tetapi juga tidak higienis. Untuk itu, bersihkan wastafel dan meja rias, gosok permukaan lantai kamar mandi dan kloset, bersihkan cermin, juga isi ulang tisu toilet.

Kamar mandi yang bersih tak hanya membuat tamu nyaman, tetapi juga senang berkunjung ke rumah Anda. Mereka pun akan menilai bahwa Anda adalah orang yang bersih, sehat, dan rapi. 

Bulu hewan peliharaan

Bulu hewan peliharaan bisa sangat tidak menarik bagi banyak orang, terutama bila tidak memiliki hewan peliharaan.

Jika memiliki hewan peliharaan di rumah, lakukan upaya ekstra untuk memberikan ruang hampa udara dan singkirkan bulu hewan peliharaan yang mengganggu dari sofa serta perabotan lembut lainnya. 

Anda bisa menyedot debu dan bulu peliharaan yang menempel di sofa, menyingkirkan mainan hewan peliharaan, membersihkan area di sekitar mangkuk makanan dan air hewan, serta membersihkan kotak pasir kucing.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/01/220108876/wajib-tahu-ini-5-hal-yang-diperhatikan-tamu-saat-berkunjung-ke-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke