Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Pilihan Tanaman yang Dapat Membuat Tidur Nyenyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang akan memiliki tidur yang lebih nyenyak jika ada tanaman di dalam kamar tidur.

Terlebih lagi, ada banyak tanaman memiliki sifat yang bermanfaat dan dapat berkontribusi untuk meningkatkan relaksasi, beberapanya bahkan memiliki kemampuan untuk memurnikan udara dari racun seperti formaldehida dan benzena.

Dilansir dari Southern Living, Rabu (30/6/2021), dengan meletakkan berbagai tanaman tersebut di dalam kamar tidur, mereka akan menyerap karbon dioksida, melepaskan oksigen, dan berkontribusi pada kualitas udara yang lebih baik di rumah Anda.

Banyak tanaman dalam ruangan juga merupakan pendorong suasana hati dan dapat membantu melawan stres, dan merupakan bahan utama untuk tidur malam yang nyenyak.

Berikut beberapa pilihan tanaman hias yang dapat diletakkan di dalam kamar tidur.

1. Lavender

Jika pengurangan stres adalah tujuan Anda, maka pilihlah lavender.

Tanaman ini dikenal untuk meningkatkan relaksasi, menurunkan tingkat stres, dan membantu dalam gerakan lambat menuju tidur.

Aroma lavender saja sudah indah, tetapi menggabungkannya dengan kualitas tanaman yang bermanfaat menjadikannya pilihan yang sempurna untuk meja samping tempat tidur Anda.

2. English Ivy

English ivy (Hedera helix) adalah tanaman dengan perawatan mudah yang mampu menyerap bahan kimia di udara dan membersihkan udara dari racun yang mungkin berbahaya bagi manusia.


NASA menemukan bahwa tanaman ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk memerangi polutan di udara dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

3. Peace lily

Peace lily adalah pilihan ideal untuk tanaman dalam ruangan, karena dapat menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara.

Selain itu, mereka juga dapat melepaskan kelembapan dan meningkatkan kelembapan ruangan, sehingga Anda tidak lagi terbangun di tengah malam dengan perasaan kering dan dehidrasi.

4. Spider plant

Penghilang formaldehida lainnya adalah spider plant (Chlorophytum comosum).

Tanaman ini dapat membersihkan udara dari bahan kimia yang sering ditemukan dalam produk rumah tangga. Sebagai bonus, ia juga memiliki kemampuan untuk melawan bau dalam ruangan yang tertinggal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/30/112600576/4-pilihan-tanaman-yang-dapat-membuat-tidur-nyenyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke