Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Mempersingkat Masa Pakai Peralatan Elektronik

Biasanya, saat barang elektronik itu rusak, kita kerap menyalahkan usia produk yang tampaknya lebih pendek dari usia sebenarnya. Padahal, hal ini tak sepenuhnya salah produk. 

Tanpa disadari, bisa jadi penyebabnya adalah kita sendiri yang sering melakukan kesalahan sehingga membuat masa pakai barang elektronik menjadi lebih pendek.

Melansir dari laman Family Handyman, Rabu (16/6/2021), berikut ini lima hal yang mempersingkat masa pakai peralatan elektronik. 

Mesin cuci

Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang. Mereka memasukkan handuk dan pakaian dalam jumlah banyak ke mesin cuci saat mencuci pakaian.

Padahal, ini adalah ide buruk karena dapat membuat mesin cuci menjadi kelebihan beban, yang akhirnya membuat masa pakainya menjadi pendek.

Penyebab lainnya adalah menggunakan terlalu banyak detergen. Memasukkan detergen secara berlebihan dapat meningkatkan waktu siklus bilas. Akibatnya, membawa mesin cuci lebih dekat ke akhir masa pakai. 

Vacuum cleaner

Kebanyakan orang enggan mengosongkan cangkir kotoran pada vacuum cleaner, baik sebelum maupun setelah menyedot debu dari seluruh rumah. 

Padahal, unit yang terisi penuh oleh debu tidak hanya membuat kinerja vacuum cleaner berjalan kurang efisien, tetapi juga pada akhirnya memperpendek umur mesin. 

Kulkas

Jika memiliki keluarga besar dan kulkas yang selalu penuh, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan membeli kulkas yang lebih besar.

Sebab, kelebihan beban memberi tekanan pada bilah kipas, yang menyebabkannya bekerja dengan tidak efisien, bahkan mengalami patah.

Membersihkan kulkas adalah cara lain memperpanjang umurnya. Gulungan, mekanisme internal, juga bagian luar kulkas perlu dibersihkan secara teratur. 

Microwave

Percikan di bagian dalam microwave tampaknya tidak berbahaya sehingga orang sering lalai membersihkannya.

Namun, menurut Ron Shimek, presiden Mr. Appliance, sebuah perusahaan rumah tangga, lama-kelamaan percikan ini bisa menjadi keras, bahkan membakar permukaan dinding microwave.

“Bersihkan microwave dengan pembersih serbaguna secara teratur untuk mencegah perbaikan dan penggantian dini,” katanya. 

Blender

Hal yang mempersingkat masa pakai peralatan elektronik selanjutnya adalah mencucinya tanpa hati-hati pada blender.

Meski sebagian besar blender secara teknis aman dicuci memakai mesin pencuci piring, sebaiknya cuci blender menggunakan tangan secara hati-hati. 

“Ini memastikan bilahnya tetap tajam dan pada akhirnya menjaga sup dan smoothie Anda dengan baik dan halus,” ucap Shimek.

Selain itu, membaca buku panduan terlebih dulu sebelum menggunakan blender, termasuk untuk mencucinya, demi menghindari kerusakan dan mempersingkat masa pakai.

“Penting memahami kekuatan alat sebelum mencoba menyiapkan makanan di blender,” ujarnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/16/200727076/5-hal-yang-mempersingkat-masa-pakai-peralatan-elektronik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke