Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Pakai Keset Ijuk hingga Parfum

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tikus, cicak, kecoak, dan beberapa hama pengganggu lainnya, ular adalah salah satu hewan yang bisa masuk ke dalam rumah secara tak terduga.

Mungkin, sudah banyak kejadian yang kamu ketahui mengenai ular masuk ke dalam rumah seseorang. Biasanya hal itu terjadi karena hilangnya habitat ular akibat masifnya pembangunan.

Tentunya kamu tak pernah menginginkan seekor ular masuk ke dalam rumah, yang mana hal itu bisa mengancam penghuni rumah, khususnya anak-anak yang masih belum mengerti.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (12/6/2021), berikut ini beberapa cara untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.

1. Upayakan rumah terbebas dari tikus

Salah satu cara untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah adalah dengan menjaga hunian terbebas dari tikus.

Sebab, tikus adalah salah satu makanan utama yang paling disukai oleh ular. Jika ada banyak tikus yang bersarang, maka itu memancing ular masuk ke dalam rumah.

2. Jaga rumah selalu tertata rapi

Untuk mencegah ular masuk, kamu juga harus menjaga rumah supaya bersih dari tumpukan barang-barang yang tidak terpakai.

Terlalu banyak tumpukan barang dan kondisi yang berantakan membuat ular mudah bersembunyi dan bersarang di sana.

3. Beri wewangian di sekitar rumah

Cara lain untuk menghindarkan ular masuk ke dalam rumah adalah memberi wewangian atau pengharum di beberapa bagian rumah.

Aroma wewangian tidak disukai oleh ular, karena akan mengganggu jacobson yang dimilikinya sehingga membuat ular akan pergi atau menjauh dari aroma wangi.

Jacobson sendiri adalah organ vemeronasal yang ada di sekitar mulut dan lidah ular.

4. Rutin mengepel lantai dengan wewangian

Lantai yang bersih dan wangi karbol bisa mencegah ular masuk ke dalam rumah. Prinsipnya sama dengan memberikan wewangian ke sekitar rumah, ular akan menjauhi aroma wewangian.

5. Jangan beri akses ular masuk

Cara lain untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah adalah tidak memberikan mereka akses masuk.

Misalnya, kamu perlu menutup saluran air dengan kawat baja, bukan aluminium. Alasannya, aluminium bisa dijebol oleh tikus.

Selain itu, tutup atau tambal ruang kosong antara ubin dengan pintu. Dinding dan celah-celah rumah yang terbuka juga harus ditutup agar ular benar-benar tidak memiliki akses masuk ke rumahmu secara tak terduga.

6. Letakkan keset ijuk di depan pintu

Ular bisa masuk ke dalam rumah karena pintu yang dibiarkan terbuka, saat proses sirkulasi udara.

Supaya aman saat pintu terbuka, letakkan keset ijuk di depan pintu. Keset Ijuk yang kasar bisa 'menyakiti' sisik ular, sehingga ular akan menghindari hal tersebut.

7. Pelihara kucing

Ular jenis apa pun bisa takut dengan keberadaan kucing peliharaan di rumah. Maksud takut di sini bukan mengartikan kucing kebal dari bisa ular.

Rasa penasaran dan refleks cepat yang dimiliki oleh kucing bisa membuat ular takut dan pada akhirnya menjauh dari rumahmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/12/172100776/7-cara-mencegah-ular-masuk-ke-rumah-pakai-keset-ijuk-hingga-parfum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke