Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Kucing yang Umurnya Paling Pendek, Persia hingga Sphynx

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata-rata usia kucing adalah sekitar 13 hingga 17 tahun. Akan tetapi, beberapa ras kucing diketahui memiliki usia yang bisa lebih pendek.

Dikutip dari Newsweek, Sabtu (12/6/2021), faktor-faktor seperti perawatan dindokter hewan secara teratur dan diet bergizi berkontribusi pada kesejahteraan kucing, tetapi seringkali gen menentukan umur kucing.

Untuk Anda yang akan memelihara kucing, penting untuk mengetahui usia kucing berdasarkan rasnya. Berikut ini beberapa ras kucing yang memiliki usia paling pendek dibandingkan kebanyakan ras lainnya secara umum. 

1. Burmila

Kehadiran ras kucing Burmilla muncul secara tidak sengaja. Pada tahun 1981, seekor Chinchilla Persia jantan dan seekor Lilac Burma dikembangbiakkan, dan menghasilkan empat anak kucing yang sangat menarik bagi para pembiak kucing.

Adapun usia harapan hidup kucing Burmilla adalah antara 7 hingga 12 tahun.

2. Devon Rex

Memiliki penampilan yang unik, kucing Devon Rex dicirikan oleh tubuh yang lentur, dengan telinga besar yang tidak proporsional dan kepala bulat.

Devon Rex yang sehat akan memiliki berat sekitar 3,5 hingga 6 kilogram, dan hidup selama 9 hingga 13 tahun.

3. Manx

Kucing Manx tidak memiliki ekor, yang diyakini berasal dari mutasi tulang belakang yang terjadi secara alami.

Dengan sifat kasih sayang yang setia seperti anjing, kucing ini biasanya hidup selama sekitar 9 hingga 13 tahun.


4. Singapura

Kucing Singapura adalah salah satu ras kucing domestik terkecil. Adapun rata-rata kucing Singapura betina dewasa Singapura memiliki berat hanya 2 kilogram.

Kucing Singapura yang sehat umumnya memiliki usia harapan hidup sekitar 9 sampai 15 tahun.

5. Japanese Bobtail

Dicirikan oleh bentuk ekor yang lebih menyerupai ekor kelinci daripada ekor kucing, Japanese Bobtail memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Berasal dari Jepang dan Asia Tenggara tetapi sekarang ditemukan di seluruh dunia, jenis kucing ini memiliki umur sekitar 9 hingga 15 tahun.

6. Oriental Shorthair

Oriental Shorthair terlihat sangat mirip dengan kucing Siam, tetapi bulu mereka tersedia dalam 300 warna dan motif.

Ras kucing ini hidup sekitar 12 hingga 15 tahun, tetapi rentan terhadap kondisi kesehatan seperti Atrofi Retina Progresif, Glaukoma, dan Amiloidosis.

7. Russian Blue

Tubuh kucing Russian Blue tampak lebih besar dari yang sebenarnya karena bulunya yang lebat dan mewah, yang merupakan ciri menonjol dari jenis ini.

Kucing ini memiliki harapan hidup 10 hingga 20 tahun.

8. Persia

Kucing Persia memiliki bulu halus dengan wajah pendek dan hidung pesek. Ras ini dapat rentan terhadap masalah kesehatan, yang berkontribusi pada usia harapan hidup yang lebih rendah dari 10 hingga 17 tahun.

9. Sphynx

Kucing Sphynx dikenal karena tidak memiliki bulu sama sekali, yang disebabkan oleh mutasi genetik yang terjadi secara alami.

Pertama kali dibiakkan di Kanada, kucing ini memiliki umur 8 hingga 14 tahun.

10. Maine Coon

Dengan ukuran tubuh terbesar dari semua ras kucing, Maine Coon memiliki tubuh yang kuat, berotot dan kaki yang kuat, yang membuatnya menjadi pemburu alami.

Kebanyakan kucing Maine Coon hidup selama sekitar 10 sampai 15 tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/12/105700976/10-ras-kucing-yang-umurnya-paling-pendek-persia-hingga-sphynx

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke