Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Hilangkan Bau Pesing di Karpet yang Dikencingi Hewan Peliharaan

Akibatnya, meninggalkan bau pesing di karpet dan sulit dihilangkan, terlebih jika tidak segera dibersihkan. 

Dilansir dari Pets.thenest, Kamis (10/6/2021), ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau pesing tersebut dengan memanfaatkan bahan alami. Bagaimana cararanya? Simak di bawah ini.  

Menyerap urine 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyerap urine sebanyak mungkin menggunakan handuk putih bersih. 

Letakkan handuk di area yang terkena urine hewan peliharaan dan tekan di sekitar tepi terlebih dahulu, lalu ke arah tengah untuk mencegah penyebaran cairan lebih lanjut di bawah karpet. Ulangi cara ini hingga karpet cukup kering. 

Buat larutan pembersih 

Setelah itu, buat larutan pembersih karpet. Caranya, tambahkan satu cangkir hidrogen peroksida dan dua sendok makan baking soda, serta satu atau dua tetes cairan pencuci piring. Aduk semua bahan secara perlahan dengan sendok kayu atau plastik hingga larut. 

Namun, hindari menyimpan atau mencampurnya di wadah tertutup karena bisa menyebabkan peningkatan tekanan yang dapat membuat wadah meledakkan wadah dan menimbulkan cedera. 

Tuangkan ke karpet 

Kemudian, tuang larutan langsung ke karpet. Gunakan secukupnya untuk memenuhi semua area dan biarkan selama lima menit atau lebih.  

Serap larutan 

Selanjutnya, serap larutan seperti yang dilakukan pada menyerap urine menggunakan handuk putih bersih. Anda dapat menekan atau berjalan di atasnya untuk menyerap cairan dengan lebih baik. 

Tuangkan air hangat 

Setelah terserap, tuangkan air hangat pada area yang akan dibilas, lalu keringkan lagi hingga karpet mengering. 

Gunakan kipas angin untuk membantu mengeringkannya dan mempercepat waktu pengeringan. Terakhir, vakum atau bersihkan sisa soda kue di atas permukaan karpet. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/10/135200576/cara-hilangkan-bau-pesing-di-karpet-yang-dikencingi-hewan-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke