Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membuat Rumah Jadi Lebih Ramah dan Aman untuk Anak

JAKARTA, KOMPAS.com-- Jika kamu memiliki bayi, ini saatnya membuat rumah menjadi lebih ramah anak. Terlebih jika bayi sudah mulai merangkak dan mengeksplor lingkungannya, menjauhkan barang-barang dan menutup area berbahaya adalah kewajiban orangtua.

Karena, perangkat dan perabotan di rumah bisa saja membuat anak terluka. Mereka bisa terbentur, tersetrum atau mungkin tenggelam jika mereka dibiarkan tanpa pengawasan.

Untuk kamu yang ingin mewujudkan rumah yang aman untuk anak, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan seperti dilansir dari Housepedia, Rabu (9/6/2021).

1. Bahaya listrik

Buatlah semua colokan atau stop kontak tertutup dengan aman. Kamu bisa membeli penutup khusus untuk colokan, atau sementara, tutuplah colokan dengan plester yang bisa dilepas jika kamu ingin menggunakannya.

Ini akan menghindarkan anak dari upaya memasukkan jari atau mainannya pada colokan yang bisa membuat anak tersengat listrik.

2. Suhu air

Untuk kamu yang memiliki pemanas air, aturlah pemanas air pada suhu 40 derajat celsius.

Kamu juga bisa mengganti kepala pancuran dan cerat bak mandi dengan perlengkapan yang memiliki perangkat anti panas. 

Jauhkan juga dispenser dengan air panas dari jangkauan anak. Atau kamu bisa membeli keran dispenser dengan pengaman yang tak mudah dioperasikan oleh anak-anak.

3. Tangga

Jika rumah tinggalmu memiliki tangga, kamu harus memasang gerbang bayi di bagian atas dan bawah tangga.

Pastikan instalasi tangga terpasang dengan kuat dan aman. Ini akan menghalangi bayi memanjat ke atas, atau turun ke lantai bawah tanpa sepengetahuan orang dewasa.

Kamu bisa memasang trali pada jendela, atau jaring-jaring anti nyamuk. Ini akan membatasi ruang gerak anak agar tak terjatuh dari jendela.

Pastikan pengaman dipasang dengan kuat dan aman.

5. Kotak P3K dan bahan kimia

Penyimpanan obat-obatan dan bahan kimia rumah tangga. Semua obat-obatan, pembersih rumah tangga dan bahan kimia lainnya yang disimpan di rumah harus dijauhkan dari jangkauan anak.

Simpan obat-obatan dan bahan kimia di lemari dengan kunci pengaman di tempat yang tidak terlihat dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Jauhkan semua obat-obatan dan bahan kimia dari dapur agar anak yang menemukannya tidak salah mengartikannya sebagai makanan. Buang dengan benar barang-barang yang telah kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan.

6. Kolam

Pasang pagar pengaman dengan tinggi minimal 1,5 meter, dengan gerbang yang bisa dikunci, di sekitar kolam renang atau kolam ikan di rumah.

Atau, kamu juga bisa memasang penutup kolam di atasnya akan melindungi anak agar tidak jatuh.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/09/233654876/tips-membuat-rumah-jadi-lebih-ramah-dan-aman-untuk-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke