Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Telinga Kucing Berair dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing bisa menderita infeksi telinga. Hal ini biasa ditandai dengan telinga yang berair dan kucing yang menggaruk-garuk telinganya secara terus menerus.

Meskipun infeksi telinga tidak umum terjadi, kucing masih mungkin menderita penyakit ini. Kucing dan anak kucing di luar ruangan lebih rentan terhadap infeksi telinga.

Infeksi telinga menyakitkan bagi kucing dan tidak akan hilang dengan sendirinya, jadi penting untuk mengetahui tanda-tanda yang menunjukkan adanya masalah. 

Berikut adlah penyebab dan bagaimana mengatasi infeksi pada telinga kucing seperti dilansir Daily Paws. 

Penyebab

"Ketika kucing terkena infeksi telinga, biasanya karena tungau telinga atau alergi," kata Emily Pashaian-Grant, DVM, direktur medis Rumah Sakit Hewan VCA SylvaniaVet.

Tungau telinga adalah parasit mikroskopis yang sangat menular di antara hewan. Jadi, lebih umum melihat tungau telinga pada kucing yang tinggal di luar ruangan.

Tungau telinga hidup di saluran telinga dan membuat telinga kucing sangat gatal.

"Peradangan dari tungau telinga dan garukan terus-menerus yang dilakukan kucing dapat menyebabkan infeksi telinga semakin berkembang," kata para ahli di Pusat Kesehatan Cornell Feline.

Kucing juga dapat mengalami infeksi telinga sebagai respons terhadap alergi makanan atau lingkungan.

"Kalau alergi makanan, biasanya karena sumber proteinnya. Protein paling umum yang membuat kucing alergi adalah ayam, sapi, dan kalkun," kata Grant.

Gejala 

Jika kucing mengalami infeksi telinga, tanda pertama yang mungkin terlihat adalah menggaruk telinga berlebih. Infeksi telinga membuat kulit sangat gatal. 

Di dalam telinga kucing, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa kulitnya berwarna merah dan ada kotoran berwarna hitam, coklat, kuning, atau hijau yang berupa cairan. Cairan ini berbau tidak sedap.

Cara mengobati 

"Infeksi telinga selalu perlu dirawat oleh dokter hewan," kata Grant. Jika dibiarkan, infeksi bisa menyebar ke telinga bagian dalam.

Jika tidak diobati, infeksi telinga dapat menyebabkan jaringan parut, penyempitan saluran telinga, dan terkadang tuli. 

Di klinik, dokter hewan akan menyeka telinga kucing dan melihatnya di bawah mikroskop untuk menentukan penyebab pasti infeksi: tungau, ragi, atau bakteri. Seringkali, dokter hewan akan meresepkan obat topikal untuk dioleskan ke telinga kucing kecuali jika infeksinya parah dan meminta obat oral.

"Kucing akan mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari perawatan," kata Grant.

Tetapi penting untuk menyelesaikan seluruh rangkaian perawatan yang direkomendasikan oleh dokter hewan, biasanya akan berlangsung selama dua minggu untuk sepenuhnya menghilangkan masalah infeksi agar tak terulang kembali.

Solusi rumahan

Tidak ada pengobatan alami yang dapat menyembuhkan infeksi telinga, tetapi ada satu cara untuk mencegahnya: Membersihkan telinga secara teratur di rumah.

"Saya sarankan membersihkan telinga kucing setidaknya sebulan sekali," kata Grant.

Memang sulit membersihkan telinga Si Meong, untuk itu mulailah dengan memijat telinga terlebih dahulu agar kucing terbiasa disentuh. Tawarkan juga camilan untuk penguatan positif.

Setelah kucing mentolerir telinganya disentuh, kamu bisa mengoleskan pembersih telinga pada bola kapas dan menyeka bagian dalam telinga kucing.

Pilihan lain adalah membuat larutan pembersih telinga di rumah dengan campuran setengah hidrogen peroksida dan setengah air.

Membersihkan telinga secara teratur dan menjaga kucing di dalam ruangan adalah strategi terbaik untuk mencegah infeksi telinga.

Jika kucing terkena infeksi telinga kedua, inilah saatnya untuk mempertimbangkan tes alergi. Agar kamu mengetahui pemicunya dan menyingkirkannya untuk selamanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/08/110000176/penyebab-telinga-kucing-berair-dan-cara-mengatasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke