Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimasukkan ke Lemari Es

JAKARTA, KOMPAS.com--Lemari es menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk menyimpan bahan makanan. 

Namun ternyata beberapa bahan makanan tidak disarankan disimpan di kulkas. Karena pada beberapa bahan makanan, menyimpannya di dalam kulkas justru akan membuatnya mudah rusak dan busuk 

Berikut adalah daftar bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di lemari pendingin milikmu, seperti dilansir dari Bob Vila, Sabtu (29/5/2021).

 1. Melon dan semangka utuh

Mendinginkan melon atau semangka utuh akan menghabiskan terlalu banyak ruang di lemari es.

Selain itu, menyimpannya di kulkas akan menghentikan proses pematangan, yang berarti buah tersebut tidak akan seenak jika kamu menyimpannya pada suhu kamar.

Suhu dingin juga mengurangi antioksidan sehat yang ditemukan dalam melon. Simpan buah-buahan ini di atas meja sampai kamu siap untuk memakannya. Jika ada sisa makanan, simpan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga tiga hari.

2. Kentang Mentah

Jangan menyimpan kentang mentah di dalam kulkas. Karena, temperatur yang dingin mengubah karbohidrat kompleks bertepung yang ditemukan dalam kentang mentah, membuat kentang menjadi lebih manis dan rasa yang berbeda di mulut saat dimasak.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan kentang mentah dalam keranjang atau laci yang berventilasi baik, jauh dari sinar matahari langsung.

4. Tomat

Jika tidak ingin tomat segar terasa seperti karton, jangan simpan di lemari es. Setelah dipanen dan disimpan di suhu ruang, tomat akan terus matang dan menghasilkan rasa. 

Rasa dingin yang terjadi saat tomat disimpan di dalam lemari es akan menghentikan proses pematangan dan membuat rasa dari tomat berkurang. Simpan tomat segar di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung.


Jika kamu menanam tomat sendiri, potonglah sedikit sulurnya saat memanen. Tanaman rambat yang menempel membantu menjaga tomat tetap segar lebih lama dan memberikan rasa yang lebih enak.

Suhu yang dingin dan kelembapan yang tinggi di lemari es menyebabkan kerusakan pada bawang bombay.

Hal ini akan merusak struktur berseratnya, dan membuatnya lembek serta rentan terhadap pertumbuhan jamur.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan bawang di tempat yang berventilasi baik, gelap dan sejuk (tidak dingin). 


6. Alpukat hijau

 Banyak alpukat yang tersedia di toko bahan makanan berwarna hijau dan keras, dan perlu

beberapa hari untuk matang sebelum siap untuk dimakan.

Namun, alpukat hanya akan matang jika kamu menyimpannya di luar lemari es. Setelah alpukat matang, kamu bisa menyantapnya, dan jika sisa, kamu bisa menyimpannya di lemar, sa. Kemudian, pendinginan akan memberi Anda satu atau dua hari tambahan sebelum membusuk.

Aroma khas bawang putih akan memberi rasa pada setiap masakanmu. Namun, bawang putih yang digunakan haruslah bawang putih segar.

Sementara, menyimpan bawang putih di dalam lemari, akan mengurangi aroma dan kesegarannya.

Terlebih, bawang putih yang disimpan di dalam kulkas akan membuatnya tumbuh tunas hijau


yang pahit.

Bahaya lainnya, umbi bawang putih mudah tumbuh jamur dalam kondisi lembab di lemari es. Untuk rasa terbaik, simpan bawang putih segar di tempat gelap yang berventilasi baik.

Kamu bisa menyimpan sisa bawang putih cincang di lemari es selama satu atau dua hari, tetapi rasanya tidak sebanding dengan cengkeh segar.

Pisang akan terus matang pada suhu kamar tetapi ketika dimasukkan ke dalam lemari es, proses pematangannya berhenti.

Simpan pisang mentah di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkan


pisang yang sudah matang di lemari es selama beberapa hari, tapi jangan khawatir jika sudah menjadi hitam.

Penghitaman terjadi karena kandungan etilen kulit pisang yang mengalami perubahan kimiawi saat mengalami suhu dingin.

9. Minyak kelapa

Minyak kelapa stabil pada suhu kamar hingga dua tahun, jadi tidak perlu menyimpannya di lemari es yang mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.

Tidak seperti beberapa minyak yang tetap cair pada suhu dingin, minyak kelapa mengandung persentase lemak jenuh yang tinggi, yang menyebabkannya mengeras di lemari es. 


Simpan apel segar di atas meja untuk rasa terbaik. Meskipun apel akan tetap renyah lebih lama di lemari es, kandungan etilen di kulitnya (bahan pematangan) dapat menyebabkan produk lain di sekitarnya lebih cepat rusak.

Jika kamu benar-benar ingin apel dingin, pertama-tama masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak merusak makanan lain di lemari es.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/29/183631976/daftar-bahan-makanan-yang-sebaiknya-tidak-dimasukkan-ke-lemari-es

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke