Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Hoodie agar Tetap Lembut dan Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Hoodie merupakan jaket kasual tebal yang bisa cocok dipadukan dengan bawahan apapun, baik celana pendek maupun panjang.

Umumnya terbuat dari bahan katun atau cotton fleece yang nyaman, hoodie adalah item fashion yang tak lekang oleh waktu.

Namun, untuk urusan mencuci hoodie, jangan pernah disamakan dengan pakaian lainnya, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak membuatnya cepat rusak.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (16/5/2021), berikut ini adalah cara untuk mencuci hoodie agar membuatnya tetap lembut dan awet.

1. Jangan selalu dicuci setelah digunakan

Sering mencuci hoodie dapat merusak bahan, warna, cetakan gambar, dan sebagainya, sehingga tidak bisa awet.

Kamu tidak perlu mencuci hoodie seperti pakaian lain yang langsung bersentuhan dengan kulit. Karena biasanya ada pakaian lain yang melapisi, cuci hoodie setelah dikenakan beberapa kali.

2. Cuci dengan air dingin

Pastikan untuk menggunakan air dingin saat mencuci hoodie. Tidak perlu dengan air hangat apalagi air panas, karena itu bisa merusak bahan, warna, dan cetakan gambarnya.

3. Balikkan hoodie

Balikkan hoodie sebelum dicuci, terutama jika ada sablon atau cetakan gambar di bagian depan. Pastikan juga untuk menutup ritsleting hoodie sebelum dicuci.

4. Cuci dengan tangan

Sebaiknya hindari mencuci hoodie menggunakan mesin cuci, karena itu bisa merusak serat bahannya.

Rendam hoodie di dalam campuran air dingin dan deterjen selama 15 menit. Jika ada noda, oleskan deterjen cair pada noda.

Untuk mengatasi noda membandel, oleskan detergen cair yang lembut langsung ke area noda, lalu gunakan sikat berbulu halus untuk menyikat secara lembut dan searah. Tidak perlu menyikatnya secara berulang kali.

5. Cuci dengan mesin cuci

Jika tidak mau repot atau lelah, hoodie bisa dicuci di mesin cuci asal menggunakan siklus atau mode pencucian yang lembut dan juga detergen lembut. Cuci selama 10 menit.

6. Hindari mencuci dengan pakaian lain

Hindari mencuci hoodie berbarengan dengan pakaian lain. Saat direndam bersamaan dengan pakaian lain, bisa saja pakaian lain memengaruhi tampilan hoodie, seperti luntur.

Lalu, gesekan antara hoodie dan pakaian lain yang dicuci di mesin cuci juga dapat merusaknya.

7. Langsung keringkan di udara

Setelah selesai mencucinya, cukup peras hoodie dengan menggunakan tangan secara perlahan.

Yang terbaik adalah langsung mengeringkan hoodie ke udara daripada memasukkannya ke dalam mesin pengering untuk menghindari penyusutan dan merusak serat bahan fleece.


8. Jemur dengan gantungan

Gunakan gantungan baju untuk menjemur hoodie untuk menjaga bentuknya. Hindari menjemur hoodie di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tidak memudar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/16/072800876/cara-mencuci-hoodie-agar-tetap-lembut-dan-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke