Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pilihan Warna Cat Terbaik untuk Ruang Keluarga Menurut Para Ahli

"Ruang keluarga adalah tempat orang berkumpul untuk menghargai kebersamaan satu sama lain dan menjadi ruangan yang paling sering ditempati di rumah," kata Erika Woelfel, Wakil Presiden Layanan Warna dan Kreatif di Behr. 

Mengecat ruang keluarga bisa menjadi salah satu cara menciptakan suasana energik, bersahabat, serta keceriaan di rumah selama bertahun-tahun.

Namun, memilih warna cat yang sempurna bagi ruang keluarga bisa jadi rumit. Untuk membantu, berikut ini lima pilihan warna cat terbaik untuk ruang keluarga menurut para ahli dilansir dari laman Martha Stewart, Selasa (12/5/2021).

Biru Muda

Ruang keluarga adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah.

Karena itu, Sue Wadden, Direktur Pemasaran Warna di Sherwin-Williams, menyarankan mengecat ruang keluarga dengan warna yang dapat bertindak sebagai latar belakang untuk semua aktivitas, tetapi tetap membuat nyaman alat indera. 

Ia menyarankan warna biru muda karena warna ini lembut, menyegarkan, juga menenangkan. "Biru adalah warna klasik, tapi versi muted ini adalah pembaruan yang kami lihat ada di setiap rumah."

Putih Hangat

Putih hangat atau warm white adalah warna kombinasi antara putih dan kuning sehingga hasilnya terlihat putih kekuningan. Jika Anda mencari warna cat yang lembut, tapi serbaguna, Wadden menyarankan mempertimbangkan warna putih yang hangat dan ramah. 

"Putih krem, seperti Sanctuary SW 9583, bagus untuk ruang keluarga karena cocok dengan semua jenis dekorasi dan tidak pernah ketinggalan zaman," jelasnya. 

Greige

Greige merupakan gabungan warna antara abu-abu dan beige atau cokelat kekuningan. Menurut Nivara Xaykao, Manajer Asosiasi Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, warna cat abu-abu krem yang bagus bisa sangat membantu di ruang keluarga. 

“Warna ini netral dengan banyak keserbagunaan, seperti Revere Pewter HC-172, dapat menciptakan suasana yang ramah di ruang keluarga juga cenderung mudah dicocokan dengan semua jenis dekorasi di ruang keluarga.”

Ia juga merekomendasikan penggunaan warna cat dengan hasil akhir lapisan seperti kulit telur untuk ruang keluarga. Sebab, hal ini dapat membantu menutupi ketidaksempurnaan dan tahan terhadap sedikit kerusakan. 

Biru Baja

Menginginkan warna cat gelap yang tidak membuat ruangan keluarga terasa redup? Ashley Banbury, desainer warna senior di Pratt & Lambert Paints, menyarankan warna biru baja yang elegan.

"Warna netral yang indah ini penuh warna yang menghasilkan pengalaman canggih, tapi menenangkan sehingga membantu bersantai di penghujung hari," jelasnya. 

Ungu Muda

Jika mencari warna cat ruang keluarga dengan sedikit semangat, Woelfel menyarankan warna ungu muda. “Warna ungu yang lembut memiliki efek menggembirakan, tapi bisa membuat nyaman sekaligus membuat ruangan terasa lebih luas," ujarnya.

Selain itu, kata Woelfel, warna ini memicu emosi positif yang akan menarik orang masuk dan membuat ruangan menjadi tempat favorit semua orang untuk berkumpul. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/11/193207776/5-pilihan-warna-cat-terbaik-untuk-ruang-keluarga-menurut-para-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke