Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Dekorasi Ruangan yang Minim Biaya

Bahkan keinginan tersebut tak jarang batal karena terbenturnya biaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendekorasi rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit sekali pun menginginkan dekorasi yang sederhana. 

Sebab, biaya yang diperlukan bukan hanya untuk membeli material yang dibutuhkan, tapi juga membeli furnitur baru atau tambahan serta membayar ongkos jasa desainer interior. Setidaknya Anda perlu menyiapkan anggaran puluhan juta untuk biaya itu semua.

Namun, tak perlu khawatir, ada banyak cara mengubah dekorasi rumah menjadi tampak mewah dengan minim biaya. Berikut ini lima ide dekorasi ruangan dengan minim biaya dilansir dari laman Homes to Love, Senin (10/5/2021). 

Lampu Dinding 

Pencahayaan menjadi salah satu faktor penting dalam dekorasi ruangan. Namun, pencahayaan berlebihan di rumah adalah ide yang sangat buruk, kecuali dapur.

Pencahayaan yang terlalu banyak tentu dapat membuat ruangan terasa panas dan tidak ramah. Lebih dari itu, membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk dekorasi dan menaikkan tagihan listrik di rumah. 

Karena itu, gunakan pencahayaan secukupnya dan sekreatif mungkin agar dekorasi ruangan tampak cantik. Untuk menghemat biaya, menggunakan lampu dinding menjadi pilihan tepat.

Selain itu, beberapa lampu dinding yang ditempatkan dengan tepat dapat menambah estetika ruangan, membangkitkan mood, dan menghilangkan rasa panas yang dihasilkan oleh lampu downlight. Kamu bisa menerapkan lampu ini di ruang keluarga atau ruang tamu. 

Lantai Berukuran Besar

Lantai menentukan warna keseluruhan rumah, jadi penting memilih lantai rumah yang tepat dan tentunya minim biaya.

Untuk lantai kamar mandi, biasanya menggunakan ubin atau keramik berukuran kecil. Padahal, selain membuat kamar mandi terlihat mewah dan lebih luas, memakai ubin berukuran besar dapat menghemat banyak biaya tenaga kerja karena tidak banyak harus memotong keramik. 

Begitu pun untuk ruangan lainnya di rumah agar memilih keramik berukuran besar dengan desain dan motif elegan dan tak lekang oleh waktu sehingga Anda bisa lebih lama mengganti keramik ke depannya.  

Memakai Cornice

Cornice adalah cetakan dekoratif horizontal yang menjadi mahkota elemen bangunan atau furnitur. Keberadaan cornice mampu membuat tembok atau dinding rumah, khususnya yang berada di atas, tampak lebih tertata, cantik, bahkan mewah. 

Bila cornice di rumah sudah tidak bagus, sebaiknya segera ganti agar rumah terlihat lebih rapi dan mewah. Bila tidak memakai cornice, segera terapkan. Pilih cornice dengan desain yang tidak terlalu ramai dan berwarna putih agar dapat memberi sentuhan bersih juga mewah. 

Gagang Pintu

Bila minim anggaran untuk membeli pintu mewah, cukup ganti gagang pintu baru. Sebaiknya, pilihan tampilan yang mewah. Gagang pintu mewah tidak hanya membuat pintu terlihat bagus, tapi juga mampu mengubah dekorasi ruang terlihat elegan. 

Kipas Angin Gantung

Kipas angin gantung yang dipajang di langit-langit rumah dapat mempercantik dekorasi rumah tanpa memerlukan banyak biaya.

Pilih kipas angin gantung yang sesuai dengan ukuran ruangan dan berwarna hitam atau maroon agar membuat ruangan tampak mewah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/10/210316976/5-ide-dekorasi-ruangan-yang-minim-biaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke