Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teko Listrik, Kompor, atau Microwave yang Lebih Efisien Merebus Air?

Dilansir dari Treehugger, Sabtu (8/5/2021), ada beberapa cara atau peralatan yang bisa digunakan untuk merebus atau memanaskan air. Mulai dari, menggunakan teko listrik, panci di atas kompor, hingga microwave. 

Lantas, di antara ketiganya, mana yang lebi efisien? Berikut ini perbandingan antara ketiga peralatan dapur tersebut dalam merebus air. 

Teko listrik

Di dalam teko listrik, air akan bersentuhan langsung dengan elemen pemanas. Tidak ada panci yang digunakan untuk dipanaskan dan sebagian besar teko memiliki penutup sehingga mempercepat prosesnya. 

Dengan menggunakan teko listrik, Anda dapat memanaskan 350 mililiter air dengan 83 derajat celsius dalam hitungan 125 detik dengan pemakaian listrik 972 watt. 

Kompor 

Permasalahan merebus air menggunakan kompor ada dua, yakni panas perlu ditransfer dari kompor ke panci, kemudian panci perlu pemanasan sebelum menyalurkan energinya ke air. 

Selain itu, jika tidak menggunakan penutup, ada sumber inefisiensi (pemborosan) ketiga dalam kehilangan panas karena konveksi. Pada panci berukuran enam sentimeter, air sebanyak 350 mililiter membutuhkan waktu 318 detik untuk mendidih.

Bila dilihat dari waktunya, teko listrik dua kali lebih efisien daripada kompor. Namun, karena kompor tidak menggunakan daya listrik, kompor lebih hemat dibandingkan dengan teko listrik.

Microwave  

Cara terakhir memanaskan air adalah menggunakan microwave. Namun, karena air yang dipanaskan menggunakan alat ini dimasukkan ke dalam mug, akan menambah waktu dan energi lebih lama untuk mendidihkannya.

Kelebihan menggunakan microwave untuk memanaskan air adalah air akan panas lebih lama bila dibandingkan dengan air mendidih yang dituangkan ke dalam cangkir bersuhu ruangan. Mendidihkan air memakai microwave membutuhkan waktu 191 detik dengan daya 1.350 watt. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/08/162119076/teko-listrik-kompor-atau-microwave-yang-lebih-efisien-merebus-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke