Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Lidah Mertua Menurut Feng Shui

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua atau Sansevieria adalah salah satu tanaman hias yang amat populer. Tanaman dengan daun panjang runcing menyerupai pedang ini cocok ditanam di pekarangan rumah maupun dijadikan tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor.

Untuk Anda yang ingin meletakkan tanaman lidah mertua di dalam ruangan, sebetulnya tanaman ini cocok diletakkan di mana saja.

Namun demikian, feng shui memberikan panduan mengenai penempatan tanaman lidah mertua di dalam ruangan untuk menjaga agar energi di dalam rumah tetap positif.

Dilansir dari Garden Tabs, Rabu (28/4/2021), menurut feng shui, berikut adalah tempat terbaik untuk meletakkan tanaman lidah mertua di dalam rumah.

  • Jalan masuk rumah
  • Ruang kerja di rumah
  • Dapur
  • Ruang makan
  • Kamar tidur
  • Kamar mandi

Dengan demikian, Anda memiliki beberapa pilihan dalam hal menempatkan tanaman lidah mertua di dalam rumah yang baik menurut feng shui. Yang menarik, tanaman ini relatif mudah dirawat, sehingga mudah untuk menyelaraskannya dengan prinsip feng shui.

Tempat terbaik untuk menempatkan tanaman lidah mertua di dalam rumah menurut feng shui

Cara mudahnya adalah dengan menempatkannya di lokasi di rumah yang dianggap area bagua. Adapun bagua mengacu pada peta energi ruangan di dalam rumah, yang dianggap terkait dengan energi positif dan negatif dalam kehidupan Anda.

Tanaman lidah mertua tidak hanya dapat meningkatkan estetika ruangan di rumah, namun juga diyakini dapat mendatangkan energi positif ke dalam ruangan.

1. Menempatkan lidah mertua di ruang kerja di rumah

Menurut prinsip feng shui, lidah mertua dapat ditempatkan di ruang kerja di rumah untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan konsentrasi dan tetap produktif saat bekerja.


Ruangan ini dikenal sebagai area wen chang. Anda dapat menempatkan tanaman lidah mertua di mana saja di ruang kerja, termasuk di atas meja kerja, di ambang jendela, atau di rak buku.

2. Ruangan di arah selatan

Ruangan-ruangan di arah selatan di rumah termasuk dalam elemen api menurut feng shui. Menempatkan lidah mertua di area-area ini dapat meningkatkan energi api di rumah.

Energi api ini diterjemahkan ke dalam aspek keberanian yang meningkat dan kemampuan yang lebih tinggi untuk membuat penilaian atau keputusan yang lebih baik.

Namun demikian, bila ukuran tanaman lidah mertua Anda besar, Anda mungkin perlu menghindari menempatkannya di area barat daya rumah, karena tanaman besar dikatakan membawa energi negatif ke area ini menurut feng shui.

Jadi untuk berada di sisi yang aman, jika tanaman Anda lebih dari 50 cm panjangnya lebih baik dijauhkan dari area ini.

3. Ruang tamu dan pintu masuk rumah

Ruang tamu dan pintu masuk rumah adalah tempat umum untuk tanaman dalam ruangan. Menurut feng shui pun bagus untuk menempatkan tanaman lidah mertua di area ini.

Tanaman yang ditempatkan di area ini dikatakan dapat meningkatkan tampilan setiap penghuni rumah. Pertimbangkan untuk menempatkan tanaman lidah mertua di ambang jendela ruang tamu, meja ruang tamu, atau rak.

Tanaman lidah mertua yang berukuran besar bahkan bisa diletakkan tepat di depan pintu.

4. Ruangan di sebelah tenggara dan timur

Dalam filosofi feng shui, ruangan di bagian tenggara dan timur rumah termasuk dalam elemen kayu.

Tanaman hias indoor dianggap sebagai salah satu dari banyak elemen kayu yang hidup, sehingga dapat meningkatkan energi di area ini.

Menempatkan tanaman di area ini dikatakan memberi energi, yang membantu Anda merasa lebih kreatif dan termotivasi, manfaat yang bisa sangat berguna baik untuk alasan profesional maupun pribadi.

Sekali lagi, penting untuk tidak menempatkan tanaman ular yang lebih besar di area ini karena dapat menghasilkan terlalu banyak energi dan memiliki konsekuensi yang tidak terduga.

5. Ruang makan

Pakar feng shui menyatakan, menempatkan tanaman di ruang makan dapat membawa kekayaan dan tampilan bagi seluruh rumah.

Beberapa pakar bahkan menyarankan untuk menambahkan tanaman yang menghasilkan buah karena mereka percaya hal itu meningkatkan peluang Anda untuk menuai hasilnya.

Anda bisa menempatkan tanaman lidah mertua dengan berbagai ukuran di ruang makan. Beberapa area yang bagus untuk dipertimbangkan adalah di meja ruang makan, di atas rak, atau di ambang jendela.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/28/080300176/6-lokasi-terbaik-untuk-meletakkan-lidah-mertua-menurut-feng-shui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke