Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makna Buah-buahan dalam Feng Shui, Jeruk hingga Nanas

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam feng shui dikenal pula energi yang berasal dari buah-buahan. Penggunaan buah-buahan tertentu dalam aplikasi feng shui tradisional sering ditentukan oleh klasifikasi dari teks kuno sebagai simbol umur panjang, kekayaan, kemakmuran, kesuburan, dan sebagainya.

Saat memilih gambar buah-buahan untuk mendatangkan energi positif menurut feng shui, pertama dan terutama dipengaruhi oleh naluri, atau pemahaman Anda tentang energi buah, serta khasiat obatnya.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (25/4/2021), karena tidak selalu mungkin untuk memiliki buah segar di rumah Anda, dalam feng shui juga baik untuk memajang lukisan atau seni foto dengan buah-buahan tertentu atau menyimpannya dalam berbagai item dekorasi atau pesona feng shui.

Berikut adalah beberapa simbol dan makna buah-buahan dalam feng shui.

1. Persik melambangkan cinta

Salah satu simbol buah feng shui yang paling populer, yakni peach atau persik adalah simbol keabadian. Persik juga dikenal di feng shui sebagai buah surga karena ketenarannya dalam banyak legenda Tiongkok kuno tentang Dewa Abadi.

Persik dikaitkan dengan kekayaan, kesehatan, kelimpahan, dan umur panjang. Persik juga dikenal sebagai simbol feng shui cinta dan pernikahan.

2. Delima meningkatkan kesuburan

Karena buah delima atau pomegranate penuh dengan biji yang berair, buah ini melambangkan kesuburan, dan digunakan sebagai obat kesuburan dalam feng shui.

Buah delima juga melambangkan kebahagiaan dalam keluarga, sekaligus keberuntungan bagi keturunan seseorang.

Konsultan Feng shui sering menyarankan pasangan pengantin baru di China untuk menampilkan seni dengan buah delima untuk menarik keberuntungan dan banyak anak yang sehat.

3. Anggur mendatangkan kekayaan melimpah

Dalam feng shui, anggur melambangkan kelimpahan makanan, artinya kekayaan materi yang melimpah. Anggur melambangkan kesuksesan dan kelimpahan yang datang dalam waktu dekat, atau selalu berada dalam keluarga.

Oleh karena itu, anggur biasa terlihat di rumah-rumah masyarakat China. Terkadang anggur juga digunakan sebagai simbol feng shui, atau obat kesuburan, serta obat untuk mengubah nasib buruk menjadi keberuntungan.

4. Apel melambangkan perdamaian

Apple selalu dikaitkan dengan kedamaian, kesehatan yang baik, dan keharmonisan di rumah seseorang. Salah satu alasannya adalah fakta bahwa dalam bahasa Cina kata untuk "apel" terdengar seperti kata untuk "damai".

Dari segi warna, apel merah dianggap sangat menguntungkan, meskipun tentu saja apel hijau dan emas atau kuning juga banyak digunakan sesuai dengan sifat warnanya.

5. Nanas menawarkan keberuntungan

Bunyi kata dalam bahasa China untuk nanas mirip dengan bunyi "semoga sukses menghampiri Anda," sehingga nanas telah menjadi simbol feng shui tradisional yang populer tentang kekayaan, kekayaan, dan kemakmuran.

6. Jeruk melambangkan kesegaran dan pembersihan

Popularitas jeruk dalam aplikasi feng shui tradisional dijelaskan oleh bau yang menyegarkan atau membersihkan, serta kualitas warna oranye yang cerah. 

Sebagai obat feng shui, seringkali disarankan untuk memiliki 9 jeruk di ruang tamu atau dapur seseorang untuk keberuntungan dan kemakmuran.

Diyakini bahwa buah jeruk dapat menangkal kesialan, inilah mengapa jeruk, bersama dengan jeruk keprok dan jeruk nipis sering digunakan dalam penerapan feng shui tradisional.

Cara terbaik adalah menggunakan atau menampilkan buah segar untuk energi spesifiknya. Namun, ilmu feng shui tradisional telah mengembangkan berbagai produk dan pengobatan yang menggabungkan simbolisme buah-buahan, dari kristal berbentuk buah hingga berbagai jimat dengan representasi buah-buahan tertentu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/25/081000076/makna-buah-buahan-dalam-feng-shui-jeruk-hingga-nanas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke