Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Wujudkan Dapur Terbuka pada Hunian

JAKARTA, KOMPAS.com — Di rumah-rumah modern, desain dapur terbuka kini tengah digemari. Karena desain dapur terbuka dinilai mampu menghadirkan kehangatan dan keramahan saat menyiapkan makanan.

Terbatasnya ruang juga menjadi alasan lain mengapa desain dapur terbuka kini banyak diminati. Untuk mewujudkan konsep dapur terbuka pada tuangan, kamu harus menatanya dengan baik dan benar.

Karena dapur terbuka seperti pada apartemen mungil yang langsung akan terlihat saat tamu memasuhki rumah.

Untuk menghindari hal iu, berikut adalah lima hal yang perlu kamu ketahui sebelum mewujudkan dapur terbuka seperti dilansir dari Livspace, Jumat (2/4/2021).

1. Ruang

Desain dapur terbuka akan memudahkanmu menghbiskan waktu bersama keluarga. Kamu bisa bersosialisasi dengan teman dan keluarga sambil memasak.

Desain ini juga akan membuat koki di rumah tidak lagi merasa terkurung di dalam dapur.

Selain itu, jika kamu memiliki anak, mengawasi mereka juga mudah dilakukan dengan tata letak dapur terbuka.

Salah satu karakteristik utama dari dapur terbuka adalah memiliki tata letak yang tersebar. Bangun kabinet kecil atau konter sarapan untuk menyatukan semuanya.

2. Pikirkan tempat penyimpanan

Ketika kamu memiliki dapur terbuka dan tinggal dengan keluarga besar atau memiliki teman, pastikan peralatan atau lemari yang bising benar-benar dapat mengganggu ketenangan di rumah.

Untuk itu, rencanakan untuk membuat set dapur yang terdiri dari lemari penyimpanan dan juga laci, Ini akan membantumu menyembunyikan barang-barang yang jarang terpakai dengan cara yang cantik.

3. Skema warna

Dapur terbuka adalah cara terbaik untuk menambahkan elemen desain ke rumah, dalam hal seni dinding dan warna. Kamu bisa menggunakan warna-warna pastel yang lembut, yang bisa kamu kombinasikan dengan warna-warna berani.

Namun kamu harus ingat bajwa skema warna haruslah selaras dengan warna ruang tamu atau ruang makan.

4. Kebutuhan pencahayaan

Bermain-main dengan lampu jika juga bisa dicoba. Ciptakan perbedaan mencolok antara ruang makan atau ruang tamu dan dapur, dengan memberikan kedua ruang, pencahayaan yang spesifik.

Selain itu, pastikan kamu memiliki sumber cahaya alami di dapur dan coba letakkan meja sarapan atau zona persiapan di dekatnya.

5. Buat batasan

Jika kamu memiliki dapur terbuka tetapi tetap ingin menjaga privasi, buatlah batas dengan meja makan atau sekat ruangan. Rak terbuka juga bisa menjadi salah satu batas ruangan yang mungkin akan membantumu mendapatkan privasi di dapur milikmu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/02/135300676/5-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum-wujudkan-dapur-terbuka-pada-hunian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke