Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Barang Rumah Tangga yang Layak Dibeli dengan Harga Mahal, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membayar segala macam hal setiap bulan, mulai dari kebutuhan bulanan sampai beragam tagihan bulanan, hal ini tentu akan dapat membuat rekening bank milikmu berkurang.

Setelah pengeluaran besar itu, kamu mungkin mencoba berhemat ketika membeli beberapa barang rumah tangga, terutama bila kamu memperhitungkan banyak ruangan dan pembaruan rutin untuk mengikuti tren dan perubahan gaya hidup.

Akibatnya, kamu mungkin malah membeli sebuah benda maupun furnitur yang harganya mengikuti budget yang kamu tekan, sehingga terkadang furnitur tersebut bukan yang terbaik.

Meskipun demikian, para ahli mencatat bahwa ada barang-barang tertentu yang layak dibeli secara royal alias mahal, untuk meningkatkan kualitas hidupmu dan bisa digunakan lebih tahan lama.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (23/3/2021), berikut ini 10 barang rumah tangga yang layak kamu beli dengan harga lebih mahal berdasarkan saran ahli desain.

1. Karya seni

Karya seni sering kali menjadi titik fokus sebuah ruangan dan cerminan pemilik rumah, menjadikannya pembelian yang bermakna.

Nilai lebihnya, beberapa bagian karya seni akan mempertahankan atau mengumpulkan nilai selama bertahun-tahun.

“Ini secara visual membawa matamu ke seluruh ruangan dan menambahkan kepribadianmu ke ruangan tersebut,” kata Tamara Day, seorang desainer interior.

Karya seni bisa menyenangkan dan unik atau canggih dan menenangkan. Ini bisa berupa lanskap yang membawamu kembali ke tempat favoritmu atau karya abstrak yang memicu kegembiraan.

Karya yang menarik juga dapat menjadi percakapan yang menyenangkan dengan tamu.

2. Permadani vintage

Untuk titik jangkar visual lainnya, jangan mengabaikan lantai, kata Patrick Ediger , seorang desainer interior di Los Angeles. Permadani vintage yang cantik dari Maroko, India, dan Timur Tengah sering menjadi sumber inspirasi yang bagus.

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk memberi ruang pada jiwa dan menghidupkannya selain dengan permadani wol antik buatan tangan yang sangat indah," jelas Patrick.

Selama kamu memelihara dan merawat permadani, mereka akan bertahan seumur hidup sebagai investasi yang sangat baik dan pusaka yang indah untuk diwariskan dari generasi ke generasi.

3. Pencahayaan

Untuk suasana yang baik dan sentuhan glamor, pertimbangkan untuk membeli perlengkapan lampu yang indah, sebagai perhiasan yang sempurna untuk melengkapi ruangan rumahmu.

“Perlengkapan menunjukkan bahwa kamu menaruh pemikiran dan desain ke dalam setiap inci, dan pencahayaan di kamarmu mengatur suasana hati, dari cerah dan ceria hingga gelap dan murung,” jelas Day.

Day menyarankan untuk menambahkan kedalaman dengan perpaduan lampu yang eklektik dan sentuhan akhir yang berbeda.

4. Penutup lampu

Berbicara tentang pencahayaan, jangan meremehkan kekuatan kap atau penutup lampu.

“Mereka selalu memberikan keuntungan karena konstruksinya biasanya buruk dan terlihat saat lampu dinyalakan. Saya suka lampu sederhana yang upleveling dengan warna elegan yang terasa lebih tinggi dan melengkapi lampu itu sendiri," jelas Karina Lameraner, penata kreatif di layanan desain interior online Modsy.

5. Dekorasi jendela

Menurut Alena Capra, yang juga seorang desainer interior, tidak ada yang bisa meningkatkan ruangan seperti dekorasi jendela khusus.

“Baik itu panel gorden tipis, kelambu atau cornice, tirai anti tembus pandang, tirai roman, atau tirai rol, memiliki perawatan jendela dengan ukuran yang sempurna membuat tampilan yang sesuai,” katanya.

“Mereka juga membantu menghalangi silau matahari, mencegah cahaya masuk ke tempat tidur, dan menambah nilai pada rumah, menjadikannya nilai tambah dalam hal penjualan kembali," tambah Capra.

Jika kamu tak ingin melakukan pembelian besar sekaligus untuk dekorasi jendela, Capra merekomendasikan untuk memulai dari ruang tamu utama dan kamar tidur.

6. Kasur

Kamu tidak bisa membatasi label harga untuk tidur malam yang nyenyak. Lagipula hampir setiap orang menghabiskan sekitar sepertiga hidupnya di tempat tidur.

Gaya dekoratif rangka tempat tidur dan sandaran kepala tempat tidur sebenarnya mungkin sering berubah, tetapi kasur berkualitas baik tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Jika kamu tidak suka berbelanja furnitur, setidaknya investasikan waktu belanja dan uang pada kasur berkualitas yang memang tidak akan murah.

7. Seprai dan handuk

Belanjalah secara royal pada satu set seprai berkualitas untuk melindungi kasurmu dan meningkatkan potensi tidurmu, saran Maggie York, seorang desainer interior dan pendiri Margaret of York Interiors.


Dia menganggap handuk bagus sebagai keharusan lain dalam hal kenyamanan sehari-hari.

“Penting untuk melakukan riset. Kamu ingin handuk yang menjadi lebih lembut dengan setiap pencucian, bukan yang lebih kasar. Tambahkan elemen desain dengan monogram atau sembulan warna yang tidak terduga,” York merekomendasikan.

8. Sofa

Sofa tidak hanya akan menjadi tempat kamu menghabiskan waktu berjam-jam menonton TV dan berkumpul bersama keluarga, tetapi jika kamu memilih yang tepat, itu akan bertahan selama bertahun-tahun.

“Mereka bilang sofa bisa bertahan rata-rata 7-15 tahun, tapi barang berkualitas sering bisa bertahan lebih lama,” tutur Chapra.

9. Meja rias

Beberapa orang mungkin tidak menganggap meja rias sebagai investasi yang baik, tetapi mereka dapat digunakan kembali untuk mengakomodasi kebutuhan dan ruang yang berbeda.

"Mereka dapat digunakan untuk menyimpan pakaian di kamar tidur, atau sendok garpu dan kebutuhan makan lainnya di ruang makan, ”tambah Linda Hayslett dari LH.Designs.

Bahkan jika kamu pindah, kemungkinan besar kamu akan dapat menemukan kegunaan bagian penyimpanan serbaguna ini di ruang barumu, menjadikannya pembelian yang akan kamu gunakan selama beberapa dekade.

10. Furnitur desainer (baru atau vintage)

Banyak pakar kami menempatkan furnitur antik dan desainer di peringkat atas dalam daftar investasi rumah.

Furnitur dengan sejarah biasanya akan meningkat nilainya dari waktu ke waktu. Lihat desainer terkenal (seperti Florence Knoll, Mies van der Rohe, atau Milo Baughman) yang menciptakan perabotan ikonik.

"Desain mereka melampaui tren dan dapat digunakan di hampir semua lingkungan hidup,”kata Lucy Penfield, seorang desainer interior dan prinsip desain Lucy Interior Design .

Dalam hal estetika, Penfield menyarankan untuk mengandalkan nalurimu. Ketika kamu melihat sebuah furnitur dan itu adalah cinta pada pandangan pertama, belilah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/23/152600776/10-barang-rumah-tangga-yang-layak-dibeli-dengan-harga-mahal-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke