Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Bunga Cantik yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika kamu ingin sedikit menghadirkan kesan segar di halaman atau di bagian depan rumah, kamu bisa menanam bunga dengan warna-warna cerah.

Bunga adalah ciptaan alam yang luar biasa yang tidak pernah berhenti mengisi hari kita dengan harapan, keindahan, dan kebahagiaan. Pemandangan bunga-bunga indah saja bisa mencerahkan hari yang paling membosankan sekalipun.

Keindahan alami ini memiliki kekuatan untuk menyampaikan emosi yang tersembunyi tanpa benar-benar mengatakan apa pun.

Berikut adalah tujuh jenis bunga yang bisa kamu coba tanam di halaman rumah. 

1. Mawar

Mawar adalah tanaman berbunga abadi yang termasuk dalam genus Rosa di keluarga Rosaceae. Disebut juga 'Ratu Bunga' karena keindahan dan penampilannya yang elegan.

Mawar hadir dalam berbagai warna mulai dari putih hingga merah dan kuning. Bunganya biasanya besar dan mencolok. Ukurannya bervariasi dan juga digunakan untuk wewangian dan membuat karangan bunga atau dekorasi.

2. Lily

Lily merupakan tumbuhan berbunga yang termasuk dalam famili Liliaceae dan dapat bertahan hidup lebih dari dua tahun di alam liar.

Ia memiliki bunga besar dan indah yang bisa berwarna kuning, putih, oranye, merah, merah jambu atau ungu. Setiap warna bunga Lily memiliki arti tertentu.

Lily juga digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk pengobatan depresi dan beberapa jenis keracunan.

Peony adalah bunga taman yang dijual sebagai bunga potong dalam skala besar. Bunga peony berukuran besar dan harum yang juga dikenal sebagai raja bunga dalam budaya Tionghoa.

Mereka membutuhkan sedikit perawatan dan dapat mentolerir musim dingin.

Nuansa tradisional peony termasuk merah, putih, mawar, dan merah muda.

4. Anggrek

Bunga anggrek dapat bertahan selama beberapa jam hingga 6 bulan, tergantung spesiesnya. Bunga anggrek juga digunakan untuk keperluan dekoratif dan membuat rangkaian bunga atau karangan bunga.

Warna dan jenisnya yang cantik, juga bisa kamu jadikan sebagai tanaman indoor dengan perawatan yang tepat.

5. Bunga kamboja

Bunga kamboja atau frangipani, juga dikenal sebagai bunga Hawaiian Lei adalah bunga beraroma tinggi pada malam hari dan sering digunakan dalam karangan bunga.

Mulai dari merah tua hingga merah muda pucat dan kuning hingga oranye, bunga kamboja hadir dalam berbagai warna cantik.

Di India Selatan, bunga ini dijadikan sebagai bunga pernikahan karena melambangkan ikatan abadi antara pasangan yang sudah menikah.

6. Melati

Melati merupakan bunga yang populer di seluruh dunia karena aromanya yang unik. Bunga ini berwarna putih atau kuning dan diyakini berasal dari Himalaya.

Bunga melati cukup tumbuh di taman. Beberapa spesies bunga ini juga digunakan untuk membuat parfum, minyak, atau dupa.

7. Kembang sepatu

Kembang sepatu mengembangkan bunga besar berbentuk terompet tanpa aroma apapun. Lebih dari 200 spesies kembang sepatu ditemukan di daerah hangat dan tropis di seluruh dunia.

Mereka biasanya dibudidayakan untuk tujuan hias dan membuat tambahan dekoratif untuk rumah dan taman. Bunga kembang sepatu berwarna cerah merupakan sumber yang kaya akan pewarna alami yang juga digunakan dalam industri makanan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/20/134000376/7-bunga-cantik-yang-bisa-ditanam-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke