Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hama Paling Berbahaya Bagi Tanaman yang Harus Diketahui

JAKARTA, KOMPAS.com — Tanaman seringkali tak bisa terhindar dari hama. Sayangnya, kamu juga tak tahu kapan tanaman terkena hama, dan hama apa saja yang sebenarnya berbahaya bagi tanaman.

Untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui apa saja hama yang mungkin akan menyerang dan berbahaya pada tanaman. Berikut adalah tujuh di antaranya.

1. Tungau laba-laba

Dilansir dari Living Hours, Rabu (10/3/2021), tungau laba-laba adalah hama taman umum yang tumbuh subur dalam kondisi panas, kering, dan berdebu. Bertempat tinggal di bagian bawah daun tanaman, tungau ini berkumpul dalam koloni padat di jaring sutra pelindung.

Mereka menyebabkan kerusakan pada tanaman dengan menusuk selnya untuk memakannya. Hal ini akan membuat daun berwarna keperakan atau bintik-bintik pada bagian atasnya.

Hama taman ini memakan sejumlah spesies tanaman termasuk tanaman hias dan tanaman sayur.

2. Leafminer atau penggorok daun

Hama lain yang juga suka menghabiskan daun adalah leafminer. Hama ini berbentuk larva lalat kecil yang hidup dan memakan jaringan daun. Hal ini membuat daun memiliki garis dan lapisan di bawah daun.

Leafminer diidentifikasi sebagai hama taman karena menyebabkan kerusakan besar pada tanaman. Hama ini bisa diatasi dengan membuat perangkap dan memotong daun yang sudah terdapat larva hama.

3. Scale

Scale adalah hama kebun pengisap getah yang menempel pada tanaman inangnya untuk diberi makan. Mereka mengeluarkan lapisan lilin, yang membuatnya terlihat seperti sisik ikan.

Biasanya, mereka muncul sebagai benjolan seperti cangkang, dan sebelum kita menyadarinya, mereka membangun koloni besar dan mulai menghancurkan tanaman.

Scale adalah hama serius di kebun, yang hanya dapat dikendalikan menggunakan minyak hortikultura, karena lapisan lilinnya melindungi mereka dengan baik dari insektisida.

4. Kutu putih

Ditemukan di iklim lembab dan hangat, kutu putih adalah hama yang memakan jus tanaman dan bertindak sebagai vektor dari beberapa penyakit tanaman.


Saat menghisap jus tanaman, hama ini mengeluarkan bubuk lilin untuk perlindungannya.

Kutu putih merupakan ancaman utama karena mereka menempati dan merusak berbagai jenis tanaman termasuk mangga, anggur, tebu, murbei, nanas, pakis, bunga matahari, pepaya dan anggrek.

Kegigihan serangga taman ini meningkat jika ada semut, karena semut melindungi dari predator dan parasit.

5. Thrip

Thrip adalah serangga kecil bersayap yang memakan berbagai macam tanaman. Mereka adalah salah satu hama yang paling sering ditemukan di taman dan dianggap berbahaya. Hama taman ini memakan tanaman, menyebabkan perubahan warna, kelainan bentuk, dan berkurangnya daya jual tanaman.

Thrip adalah salah satu dari beberapa penyakit tanaman dan dikenal karena menularkan lebih dari 20 virus yang menginfeksi tanaman.

6. Kutu daun

Kutu daun juga dikenal sebagai kutu tanaman, kutu daun kecil, serangga penghisap getah bertubuh lunak, yang merupakan salah satu hama taman paling merusak di daerah beriklim sedang.

Mereka biasanya mengelompok di ujung pertumbuhan baru dan bagian bawah daun dan mulai menghisap sari tanaman, yang menyebabkan daun menjadi menyimpang dan menguning.

Kutu daun senang bekerjasama dengan semut, keduanya memiliki hubungan saling menguntungkan. Hama ini akan menyebabkan bekas berwarna hitam pada daun.

Kutu daun berkembang biak dengan cepat, yang membuatnya cukup mengancam. Mereka juga menyebarkan penyakit di antara tumbuhan.

7. Lalat putih

Lalat putih adalah serangga taman kecil yang biasanya memakan bagian bawah daun dan batang tanaman. Hama taman yang mengancam ini membawa dan menyebarkan penyakit taman, sehingga menjadi ancaman pertanian yang besar secara global.

Hama ini sangat berbahaya khususnya bagi tanaman bunga.

Lalat ini makan dengan menghisap floem tanaman dan sambil melakukannya melepaskan air liur beracun yang menurunkan tekanan turgor tanaman secara keseluruhan.

Hama berbahaya di taman ini dikenal berkumpul dalam jumlah besar, yang menyebabkan degenerasi cepat pada tanaman yang rentan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/10/075800976/7-hama-paling-berbahaya-bagi-tanaman-yang-harus-diketahui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke