Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membuat Bunga Telang Rajin Berbunga

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga telang atau kembang telang merupakan salah satu tanaman merambat yang popularitasnya cukup baik dalam dunia tanaman.

Memiliki bunga yang berwarna biru terang atau ungu yang sangat cantik dilihat, sejak dulu bunga telang ditanam oleh orang-orang di pekarangan untuk dijadikan tanaman hias.

Tak hanya cantik untuk dikoleksi, bunga telang diketahui juga dijadikan sebagai obat tradisional karena memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, seperti mencegah diabetes dan obesitas, baik untuk kesehatan mata dan masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri bunga telang dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau minuman, seperti wedang telang dan nasi telang.

Dan, apabila kamu adalah salah satu orang yang merawat bunga telang, maka kamu pasti ingin membuat bunga cantik ini bisa tumbuh dengan baik dan rajin berbunga.

Saat bunga telang tumbuh sumbur dan rajin berbunga, itu bisa membuat tampilannya akan terlihat lebih memesona, kamu pun bisa mendapatkan bunga yang lebih banyak untuk diolah.

Lantas bagaimana cara untuk membuat bunga telang yang dirawat bisa jadi rajin berbunga?

Dilihat dari kanal Youtube Kebun Una, Jumat (19/2/2021), nerikut ini beberapa cara untuk membuat bunga telang tumbuh subur dan rajin berbunga.

1. Pastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat bunga telang tajin berbunga adalah memastikan tanaman ini mendapat cukup sinar matahari.

Sinar matahari yang didapat harus berlimpah, agar merangsang pertumbuhan bunga baru bisa lebih banyak.

2. Rajin beri pupuk secara berkala

Tips kedua yang perlu kamu lakukan agar bunga telang yang kamu rawat jadi rajin berbunga adalah harus rajin memberi pupuk secara berkala.

Untuk pupuknya bebas, kamu bisa pakai pupuk apapun, asal sebulan sekali bunga telang kamu pupuk, ingat ini penting.


Jika kamu tidak tahu pupuk apa yang perlu digunakan, kamu bisa pakai kompos, pupuk kandang, atau pupuk organik cair (POC).

3. Petik bunganya

Kunci penting untuk bisa membuat bunga telang rajin berbunga setiap hari adalah rajin memanen bunganya.

Dalam hal ini, kamu perlu memetik bunga telang dengan sering, karena kalau terlalu banyak bunga telang yang dibiarkan tua di pohon, nanti bunga telang yang kamu miliki akan menjadi polong, dan isinya nanti akan menjadi biji.

Jika tanaman bunga telang sudah terlalu banyak polong di pohonnya, maka lama-kelamaan produksi bunganya akan menurun, karena pohonnya itu akan lebih fokus untuk menutrisi polong-polong supaya nantinya akan menjadi biji.

Pada intinya, saat bunga telang sering dipetik atau diambil, hal itu dianggap bisa membuat pohon bunga telang memproduksi bunga setiap hari.

Jika bunga telang tidak atau jarang dipetik bunganya, mereka akan berhenti memproduksi bunga karena pohonnya fokus terhadap pertumbuhan polong-polong dan tidak memproduksi bunga lagi.

Namun, untuk hal ini tergantung kepada pilihanmu. Jika mau banyak bunga telang maka kamu tinggal rajin memetiknya bunganya.

Namun kalau kamu mau mengambil polongnya, biarkan saja bunganya tetap di pohon, tapi risikonya produksi bunganya jadi menurun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/19/143900576/tips-membuat-bunga-telang-rajin-berbunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke