Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Blender Tangan? Ini yang Perlu Diketahui

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, teknologi menjadi lebih maju, dan dengan itu muncul pula produk-produk elektronik rumah tangga baru dengan desain baru.

Dan, salah satu barang elektronik rumah tangga terbaru untuk kegiatan dapur adalah blender imersi (immersion blender) atau blender tangan (hand blender).

Blender imersi termasuk dalam desain berteknologi tinggi baru yang bertujuan untuk membantu pekerjaan seseorang jadi lebih baik dan mudah.

Mungkin kamu pernah melihat benda yang berfungsi untuk menghaluskan bahan makanan dan sebagainya ini, tapi tahukah kamu tentang blender imersi secara keseluruhan?

Mengenai blender imersi, tidak sedikit orang masih belum mengerti mengenai apa fungsi dari barang elektronik tersebut, terlebih jika dibandingkan dengan blender biasa.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai blender imersi yang dilansir dari beberapa sumber, Kamis (18/2/2021).

Apa itu blender imersi atau blender tangan?

Blender tangan atau yang kerap disebut dengan berbagai nama seperti blender imersi, blender tongkat (stick blender) atau blender mini adalah alat dapur yang digunakan untuk mencampur makanan dan cairan termasuk sup, smoothie, dan jus lainnya.

Terdiri dari tombol yang dapat dikontrol, blender imersi pada dasarnya adalah tongkat dengan bilah blender di ujungnya yang digunakan untuk memblender.

Alat ini sebenarnya telah lama ditemukan, yakni di Swiss pada tahun 1950 oleh seorang pria bernama Roger Perrinjaquiet yang mematenkan idenya pada 6 Maret 1950.

Untuk apa blender imersi digunakan?

Ada banyak kegunaan berbeda dari blender imersi termasuk:

Bisakah blender imersi dipakai membuat smoothie?

Ini adalah pertanyaan umum yang selalu ditanyakan orang-orang, terlebih kamu adalah penggemar kebugaran atau hanya penggemar smoothie.

Ini akan menjadi pukulan besar jika blender imersi tidak bisa digunakan untuk membuat smoothie. Untungnya, blender imersi lebih dari mampu membuat smoothie, dan betapa efisiennya blender ini dalam melakukan pekerjaannya.

Apa bedanya dengan blender biasa?

Perbedaan blender imersi dengan blender biasa adalah kepraktisannya. Dalam arti, blender imersi bisa lebih memudahkan seseorang saat memasak.

Sebagai contoh, saat kamu memasak dan kamu menggunakan blender biasa, maka ini membuatmu dua kali bekerja.

Artinya, kamu harus menuangkan cairan atau bahan makanan ke dalam blender biasa dan menyalakannya, lalu harus memindahkan cairan atau bahan makanan yang sudah diblender ke dalam wadah makanan yang dimasak.

Sementara blender imersi membuat proses memasak hanya satu kali kerja. Cukup masukkan segala macam bahan makan yang akan dimasak di sebuah wadah masak, lalu masukkan blender imersi ke dalamnya, sehingga tidak ada dua kali proses kerja.

Kamu kemudian akan mengaduk blender imersi di seluruh cairan untuk memastikan bahwa itu tercampur rata.

Blender imersi berguna jika kamu memiliki banyak bubur sup atau produk lain untuk dikerjakan, lebih dari satu blender penuh, yang harus diblender secara bertahap.


Selain itu, jika kamu mencari blender untuk membuat porsi kecil seperti smoothie tunggal, maka blender imersi adalah pilihan yang sangat baik karena nyaman untuk dibawa dan kurang senyap dibandingkan blender biasa.

Tapi, tergantung pada jumlah kebutuhanmu, tidak diragukan lagi blender biasa jauh lebih kuat daripada blender imersi, dan itu bisa menguntungkan jika kamu ingin memadukan atau memotong bahan yang keras seperti es.

Bisakah blender imersi menghancurkan es?

Jawabannya adalah ya, dan tidak. Umumnya bilah blender imersi tidak dirancang untuk memotong benda yang lebih kuat seperti es.

Namun, jika ingin membuat smoothie jadi lebih dingin, kamu perlu menghancurkan esnya terlebih dahulu menjadi potongan yang lebih kecil, lalu masukkan ke dalam smoothie. Dengan cara ini, blender imersi akan mampu memotong es.

Apakah blender imersi bagus untuk makanan bayi?

Ya, salah satu kegunaan alat ini yang paling umum adalah untuk mengunyah dan menghaluskan makanan bayi, termasuk membuat jus buatan sendiri yang aman dan sehat untuk si kecil.

Blender imersi sebenarnya direkomendasikan untuk para ibu-ibu yang memiliki anak bayi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/18/184000976/apa-itu-blender-tangan-ini-yang-perlu-diketahui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke