Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah pasti memberikan manfaat yang besar bagi Anda sekeluarga. Sebab, Anda bisa mengendalikan sendiri kebersihan dan kesehatan sayuran yang dikonsumsi.

Dalam urusan berkebun di rumah, penting untuk mengendalikan hama, sehingga serangga-serangga yang lapar tidak bersarang dan merusak tanaman sayuran Anda. 

Meski begitu, pembasmi hama atau pestisida kerap kali mengandung bahan-bahan berbahaya yang menyisakan residu kimiawi pada sayuran. Namun, jangan khawatir, sebab Anda bisa membuat sendiri pestisida untuk tanaman sayuran Anda. 

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (14/2/2021), berikut bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat pestisida bagi tanaman sayuran di rumah. 

1. Semprotan minyak

Untuk mengusir serangga penghisap getah yang mengganggu, seperti kutu daun, thrips, tungau laba-laba, dan lalat putih, buatlah semprotan minyak buatan sendiri dengan 1 sendok makan sabun cuci piring dan 1 cangkir minyak goreng dari botol minyak yang baru dibuka.

Cairan pekat ini harus dicampur dengan air sebelum digunakan dengan perbandingan 4 sendok teh campuran minyak dengan 1 liter air.

Sampai Anda siap menggunakannya, simpan campuran minyak pekat di dalam toples kaca di tempat yang gelap, kering dan sejuk.

Oleskan kabut bebas dari semprotan minyak buatan sendiri ke sayuran setiap tujuh hari sekali untuk mengendalikan hama secara menyeluruh.

2. Semprotan sampo bayi

Sampo bayi lembut dan mengandung sedikit bahan kimia. Sampo bayi juga dapat digunakan sebagai semprotan untuk membantu mengendalikan hama umum pada tanaman dalam dan luar ruangan, termasuk kutu daun, lalat putih, sisik, thrips dan tungau laba-laba.

Buat semprotan pestisida sampo bayi dengan mencampurkan 2 sendok makan sampo bayi dengan 1 galon air.


Semprotkan larutan secara menyeluruh pada tanaman sayuran dan biarkan selama beberapa jam sebelum diangkat perlahan dengan selang air.

Jangan gunakan semprotan ini di bawah sinar matahari atau pada tanaman dengan daun berbulu atau lapisan seperti lilin, seperti labu.

3. Semprotan bawang putih

Aroma bawang putih yang kuat mencegah hama tertentu memakan sayuran Anda. Untuk pestisida organik ini, campurkan 10 sampai 12 siung bawang putih dengan 1 liter air dalam blender.

Setelah pencampuran, biarkan campuran mengeras selama 24 jam. Kemudian saring melalui kain tipis yang menutupi bukaan toples kaca dan tambahkan 1 cangkir minyak goreng.

Campuran pekat ini dapat disimpan selama beberapa minggu hingga siap digunakan. Untuk pestisida buatan sendiri yang lebih kuat, tambahkan 1 sendok makan cabai rawit ke dalam campuran pekat.

Biarkan meresap selama 24 jam lagi sebelum menyaring cairannya sekali lagi. Jika sudah siap digunakan, encerkan setengah cangkir cairan dengan 1 galon air.

4. Semprotan cabai merah

Dikenal karena kemampuannya untuk menambah bumbu dan rasa pada makanan, bubuk cabai merah juga dapat digunakan untuk membuat pestisida buatan sendiri yang aman digunakan di kebun sayur.

Campurkan 1 sendok makan bubuk cabai merah, 6 tetes sabun cuci piring, dan 1 galon air, lalu aduk rata. Tuang campuran cabai merah ke dalam penyemprot taman dan tutupi sayuran dengan semprotan.

Jika perlu, lakukan penyemprotan kembali seminggu sekali untuk mencegah hama taman seperti wereng, spittlebug, kumbang, dan kumbang dari tanaman.

Catatan

Selalu uji sedikit campuran semprotan organik yang Anda buat pada daun sebelum menyemprotkan seluruh tanaman untuk memastikannya tidak membakar atau merusak dedaunan.


Lakukan langkah ini sehari sebelum Anda menanam untuk menggunakan campuran tersebut pada tanaman sayuran Anda. Yang terbaik adalah menyemprot tanaman Anda di pagi hari sebelum matahari terik atau sore hari.

Beberapa produk, terutama yang mengandung minyak dapat membakar tanaman jika digunakan pada cauaca yang cerah dan panas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/14/161100476/usir-serangga-tanaman-sayuran-pakai-minyak-goreng-hingga-sampo-bayi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke