Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Dekorasi agar Dapur Tampak Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah ruangan yang sangat fungsional dan paling sibuk di rumah. Namun, tidak berarti Anda tidak bisa memiliki dapur dengan tampilan yang mewah.

Ada banyak cara untuk mendekorasi dapur agar tampak mewah. Pun Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau renovasi besar-besaran.

Dengan sentuhan sederhana, dekorasi dapur yang sebelumnya biasa-biasa saja, bisa menjadi dapur mewah dan elegan. Bagaimana caranya? Dilansir dari Taste of Home, Rabu (13/1/2021), berikut di antaranya.

1. Bersihkan kulkas

Memajang foto-foto di pintu kulkas dapat memberikan kesan nostalgia ke dalam ruangan. Akan tetapi, kulkas yang dipenuhi dengan magnet dan foto-foto akan memberikan kesan berantakan.

Jika Anda belum siap untuk membersihkan kulkas dari seluruh magnet dan foto, pilih saja beberapa foto favorit yang dipajang bersama dengan beberapa magnet sederhana.

2. Ganti keran

Dengan berbagai bentuk dan desain yang ada di pasaran saat ini, tidak ada alasan untuk tetap menggunakan keran yang membosankan. Pilihlah keran dengan desain ramping dan sesuaikan dengan tema kabinet dapur untuk menambahkan sentuhan mewah pada wastafel.

3. Ganti kabinet dapur maupun kenop

Untuk pembaruan cepat, ganti kabinet lama dan kenop laci dengan semua yang baru. Tambahkan minat dengan menggunakan desain berbeda untuk tarikan laci dan kenop kabinet, tetapi pastikan untuk tetap menggunakan hasil akhir yang sama untuk tampilan yang ramping.

4. Perhatikan pencahayaan

Salah satu hal pertama yang dilakukan orang ketika mereka masuk ke dapur adalah melihat lampu di langit-langit. Jika lampu Anda sudah usang atau membosankan, ganti dengan lampu yang cantik.

Pilih salah satu model lampu atau pencahayaan yang mencerminkan kepribadian Anda, apakah itu lampu gantung klasik atau rangkaian lampu bulat modern.

5. Gunakan stainless steel

Meskipun Anda tidak mampu membeli peralatan yang benar-benar baru, Anda bisa mendapatkan tampilan stainless steel yang mewah dengan yang sudah Anda miliki.

Lapisi lemari es atau perangkat lainnya dengan cat lapisan stainless steel untuk tampilan dapur mewah yang tidak memerlukan biaya banyak. Jaga kebersihannya dengan pembersih stainless steel terbaik yang bisa Anda beli.

6. Gantung karya seni

Dapur mungkin sangat fungsional, tetapi bukan berarti Anda harus menghindari menambahkan sentuhan menyenangkan seperti karya seni yang menakjubkan. Tidak perlu terpaku pada lukisan benda mati yang sama tua dan masih hidup.

Jangan ragu untuk menggantungkan karpet, lukisan maupun foto pemandangan, atau karya abstrak.


7. Pilih warna-warna terang

Warna-warna terang memantulkan lebih banyak cahaya, membuat seluruh ruangan tampak lebih besar dan cerah. Pilih lemari dan dinding berwarna putih untuk menipu mata agar tampak bahwa dapur Anda lebih besar dan lebih mahal daripada sebenarnya.

8. Jangan berantakan

Ketika Anda berpikir "mahal", Anda tidak pernah berpikir "berantakan", tetapi dapur dapat dengan mudah menjadi tempat penyimpanan surat, arsip, hingga tas. Pastikan dapur hanya menjadi tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan atau minuman.

Siapkan tempat penyimpanan permanen agar tidak ada tumpukan barang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/13/161300676/8-ide-dekorasi-agar-dapur-tampak-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke