Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Tidak Berbunga? Ini Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sudah diberi pupuk serta air yang teratur, terkadang tanaman tak semuanya berbunga.

Jika hal ini terjadi, biasanya ada beberapa faktor yang memengaruhinya mulai dari usia tanaman hingga faktor lingkungan serta metode pemangkasan yang buruk.

Dilansir dari Gardening Know How, Selasa (12/1/2021), saat tanaman tidak berbunga, alasan paling umu adalah umur tanaman tersebut yang terlalu muda untuk berbunga.

Faktanya, beberapa tanaman terkadang membutuhkan waktu hingga dua atau tiga tahun untuk matang dan yang lainnya mungkin bisa memakan waktu yang lebih lama untuk mekar. Seperti beberapa tanaman pohon buah-buahan hanya berbunga dua tahun sekali.

Selain itu, faktor lingkungan juga dapat memengaruhi seperti paparan sinar matahari yang memainkan faktor besar dalam menentukan suatu tanaman akan mekar atau tidak.

Beberapa tanaman, seperti poinsettia, membutuhkan periode kegelapan yang lama untuk memicu pembungaan.

Namun, sebagian besar membutuhkan setidaknya enam hingga delapan jam sinar matahari sebelum mekar.

Kurangnya penyerbukan

Kemudian, suhu juga memengaruhi pembuangaan. Suhu rendah dapat dengan cepat merusak atau membunuh kuncup bunga, sehingga tanaman tidak bisa berbunga.

Namun dalam beberapa kasus, tanaman perlu melalui periode musim dingin terlebih dahulu untuk memicu pembungaan. Ini berlaku untuk banyak umbi yang berbunga di musim semi seperti tulip.

Selain itu, siklus mekar dapat terganggu oleh suhu ekstrim, tingkat kelembaban, kelembapan, dan angin.

Kurangnya penyerbukan juga dapat menghambat produksi bunga dan buah. Seringkali cuaca dapat menjadi faktor penyebabnya karena cuaca berangin, dingin, atau basah dapat membatasi aktivitas lebah yang mengakibatkan penyerbukan yang buruk.


Tanaman yang mendapatkan nitrogen dapat menghasilkan pertumbuhan yang hijau dan subur, namun terlalu banyak juga dapat mengurangi pembungaan. Kekurangan fosfor juga bisa menjadi penyebab tanaman tidak berbunga.

Sementara itu, pemangkasan yang tidak tepat adalah faktor lain penyebab tanaman tidak berbunga. Jika tidak dipangkas dengan benar atau pada waktu yang tepat, terutama dengan tanaman yang mekar di kayu baru, pembungaan dapat berkurang secara signifikan.

Cahaya dan pemupukan

Untuk membuat tanaman berbunga, Anda tidak dapat mengontrol hal-hal seperti usia, atau cuaca. Namun yang bisa diperbaiki adalah faktor cahaya, pupuk, dan pemangkasan.

Misalnya, jika tanaman tidak berbunga karena tidak mendapat cukup cahaya, Anda dapat memindahkannya ke lokasi yang lebih sesuai.

Jika terlalu banyak nitrogen, hentikan pemupukan dan bersihkan kelebihan nitrogen dengan merendam tanaman dengan air.

Kemudian lanjutkan pemupukan dengan pupuk penambah mekar yang meningkatkan fosfor.

Mempelajari bagaimana dan kapan memangkas tanaman tidak hanya akan membuatnya tetap sehat dan menarik, tetapi juga akan mencegah gangguan pembentukan tunas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/12/153700476/tanaman-tidak-berbunga-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke