Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Makanan yang Tak Boleh Diberikan ke Anjing, Salah Satunya Tulang

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memiliki anjing peliharaan pasti pernah mengalami betapa senangnya anjing ketika diberi makanan. Tampaknya pun anjing bisa memakan makanan apapun.

Namun, hal itu sebetulnya tidak benar. Beberapa jenis makanan tidak boleh diberikan kepada anjing, karena bisa menyebabkan efek samping hingga keracunan, yang dapat memicu gagal ginjal atau gagal hati, maupun kematian.

Dilansir dari Family Handyman, Kamis (7/1/2021), berikut ini beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada anjing.

1. Biji atau inti apel

Biji apel mengandung sedikit sianida, yang dilepaskan ketika dikunyah. Toksisitas sianida tidak umum karena bijinya hanya paling kuat ketika buah layu atau busuk.

Jika hewan peliharaan Anda tidak sengaja memakan inti apel segar, ia mungkin mengalami sakit perut ringan yang menyebabkan diare atau muntah.

Dalam kasus menelan apel busuk, anjing Anda mungkin mengalami pupil membesar, kesulitan bernapas, gusi merah cerah, terengah-engah, syok atau kematian.

2. Alpukat

Alpukat mengandung persin, yakni racun fungisida yang dapat menyebabkan diare atau muntah dan, dalam kasus ekstrim, kematian pada hewan. Racun ditemukan di dalam biji, daun dan kulit tanaman alpukat.

Jika Anda menanam alpukat, jauhkan anjing Anda darinya. Saat tertelan, bijinya juga bisa tersangkut di perut atau usus anjing sehingga menyebabkan penyumbatan.

3. Tulang

Mengunyah tulang dapat menjaga kebersihan gigi anjing Anda, tetapi dapat berbahaya bagi anjing, menurut American Kennel Club.

"Sementara anjing mungkin menikmati tulang besar yang bagus untuk dikunyah, tulang daging yang dimasak sebenarnya dapat pecah dan menyebabkan penyumbatan atau luka di saluran pencernaan sehingga memerlukan pembedahan darurat," kata Rachel Barrack, dokter hewan di Animal Acupuncture di New York City.


Saat memberi anjing Anda tulang yang belum dimasak untuk dikunyah, awasi mereka untuk memastikan tulang tersebut tidak hancur menjadi potongan-potongan kecil, yang dapat menyebabkan bahaya tersedak.

4. Permen yang mengandung xylitol

Xylitol pengganti gula alami, yang biasa ditemukan dalam permen karet dan permen, bisa berbahaya bagi anjing.

"Saat anjing makan sesuatu yang mengandung xylitol, xylitol lebih cepat diserap ke dalam aliran darah, dan dapat menghasilkan pelepasan insulin yang kuat dari pankreas," kata Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Xylitol dengan cepat menurunkan kadar gula darah, yang bisa mengancam jiwa. Produk lain yang mengandung xylitol termasuk penyegar napas, sirup obat batuk, vitamin kunyah, pasta gigi, obat kumur, suplemen makanan, obat-obatan yang dijual bebas, beberapa selai kacang dan kacang, serta beberapa makanan penutup bebas gula.6.

"Tanda-tanda keracunan xylitol pada anjing termasuk penurunan tekanan darah, kehilangan koordinasi dan kejang," jelas Barrack.

5. Coklat

“Cokelat mengandung methylxanthines seperti kafein dan teobromin. Anjing jauh lebih sensitif terhadap ini daripada manusia," terang Barrack.

Methylxanthines ditemukan di semua coklat dengan derajat yang bervariasi. Coklat putih mengandung lebih sedikit dari coklat susu, sedangkan coklat susu mengandung lebih sedikit dari coklat pekat atau semi manis.

Oleh karena itu, cokelat hitam dan agak manis memiliki risiko paling besar untuk membahayakan anjing Anda.

Tanda-tanda keracunan coklat termasuk gangguan pencernaan seperti muntah dan/atau diare, peningkatan denyut jantung dan pernafasan, peningkatan suhu, penurunan tekanan darah, kekakuan otot, kejang, gagal jantung dan koma.


6. Potongan lemak

Potongan lemak dari daging, baik yang dimasak atau tidak dimasak, dapat menyebabkan pankreatitis pada anjing. Daging babi dan domba sangat tinggi lemak.

Tanda-tanda pankreatitis termasuk punggung bungkuk, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, lesu, sakit perut dan demam.

7. Produk olahan susu

Anjing Anda mungkin mengalami masalah pencernaan saat mengonsumsi produk susu dan olahannya. Anjing tidak memiliki kemampuan untuk memecah laktosa secara efektif dan dapat menderita gangguan usus.

Gejala intoleransi laktosa yang paling umum termasuk buang air besar, muntah, sakit perut, dan diare. Jadi, meskipun menggoda untuk memberi teman setia Anda es krim di hari yang panas, berikan dia air atau boneka beku sebagai gantinya.

Dan hal yang sama berlaku untuk keju, yang biasa digunakan dalam pelatihan dan saat menyamarkan obat.

Anjing tampaknya menyukai suguhan lezat ini, tetapi sebagian besar mungkin tidak toleran terhadapnya. American Kennel Club mengatakan bahwa yang terbaik adalah memberikan keju anjing Anda secukupnya atau menghindarinya sama sekali agar aman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/07/211100876/7-makanan-yang-tak-boleh-diberikan-ke-anjing-salah-satunya-tulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke