Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik agar Pakaian Bebas Kusut dan Tak Perlu Disetrika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetrika pakaian kusut yang habis dicuci merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang melelahkan, sehingga tak jarang ada cukup malas dengan kegiatan satu ini.

Untuk menghindari proses menyetrika pakaian yang melelahkan dan memakan waktu banyak, tak sedikit orang malah menyerahkan pakaian mereka yang baru dicuci ke laundry terdekat untuk disetrika.

Padahal, kamu bisa membuat pakaian yang dicuci olehmu menjadi tidak kusut, sehingga tidak lagi perlu untuk disetrika sesudah dicuci.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (5/12/2020), ada lima langkah menciptakan pakaian bebas kusut saat dicuci sehingga menghindarkanmu dari pekerjaan menyetrika.

Gunakan pelembut pakaian

Jika kamu tak punya banyak waktu buat menyetrika, manfaatkan pelembut untuk merapikan pakaian dengan cepat saat proses mencuci.

Bahan-bahan yang ada di dalam pelembut pakaian dirancang khusus untuk membuat pakaian tidak mudah kusut walaupun tak disetrika.

Gunakan handuk basah

Jika pakaian yang baru dicuci olehmu ada yang terlanjur kusut, taruh pakaian kusut tersebut pada permukaan datar, lalu ratakan menggunakan handuk lembap atau basah.

Tekan secara perlahan dan selembut mungkin pada bagian-bagian yang kusut sampai permukaannya menjadi rapi dan siap untuk dijemur.

Jangan peras pakaian

Setelah mencuci bahan halus dan kain kasar secara terpisah, kamu harus mengeringkannya dengan hati-hati di tali jemuran.

Saat mengeringkannya, jangan pernah peras pakaian untuk menghilangkan kelebihan air. Biarkan apa adanya, dan langsung letakkan di tali jemuran.

Keringkan pakaianmu

Jika kamu melihat ada kerutan pada pakaian saat proses menjemur, keringkan area kerutan dengan udara panas dari pengering rambut atau catokan dan tekan kerutan dengan telapak tangan.

Kamu perlu menekannya saat kain panas atau hangat. Trik kecil ini bisa memberikan pakaian menjadi bebas kusut.

Bagaimana dengan setrika datar?

Setrika datar adalah cara lain untuk menghilangkan kerutan, tanpa menggunakan kotak setrika.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menggunakan pelurus rambut atau setrika untuk meratakan area yang kerut.

Gantung

Salah satu trik terbaik untuk memiliki pakaian bebas kusut adalah dengan membilas kain dalam ember berisi air dingin dan saat melepasnya, jangan diperas.

Cukup letakkan di gantungan plastik dan biarkan pakaian mengering di bawah sinar matahari.

Lipat dengan rapi

Lipat pakaian dengan rapi setelah benar-benar kering. Cara melipat kain juga penting, karena dapat meninggalkan kerutan yang lebih dalam.

Jadi, tergantung kainnya, ketahuilah mana yang perlu dilipat dan mana yang perlu digantung di lemarimu.

Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik, tidak ada kemungkinan untuk melihat kerutan pada pakaianmu setelah dicuci, sehingga kamu tak lagi harus menyetrika semua pakaian.

Sebagai catatan, sebelum mencuci, kamu perlu memisahkan pakaian berbahan halus dan kain untuk menghindari kerutan saat proses mencuci dengan mesin cuci.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/05/111100276/trik-agar-pakaian-bebas-kusut-dan-tak-perlu-disetrika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke