Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Punya Tempat Tidur Minimalis? Ini yang Harus Diperhatikan

Desain ini menghapus bagian-bagian tak perlu, sehingga hanya meninggalkan elemen-elemen penting saja.

Semakin ke sini orang-orang mulai begitu menggaungkan konsep desain minimalis ke berbagai macam hal yang berhubungan seputar rumah, hingga urusan tempat tidur yang minimalis.

Menyajikan tempat tidur minimalis bisa jadi pilihan desain yang akan mempercantik dan membuat ruang di kamar tidur tidak termakan banyak.

Saat ini banyak toko furnitur yang menawarkan konsep tempat tidur minimalis untuk mendukung kamar tidur yang terdesain minimalis.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, (19/11/2020) terdapat dasar-dasar informasi mengenai material bahan dan struktur dari tempat tidur minimalis. Berikut di antaranya.

Ukuran tempat tidur minimalis

Ada sejumlah ukuran yang tersedia di pasaran untuk rangka tempat tidur minimalis. Sebagian besar ukuran tempat tidur adalah standar dan dapat ditemukan dalam dimensi yang sama di mana pun.

Tetapi dalam beberapa kasus ukuran khusus juga dapat dipesan untuk memastikan bahwa ukuran rangka dan kasur yang sama.

Sebuah tempat tidur minimalis untuk single bed memiliki lebar 39 inci dan panjang 75 inci. Sedangkan tempat tidur double memiliki lebar 54 inci dan panjang 75 inci.


 

Bahan

Kayu rekayasa

Kayu ini juga disebut sebagai MDF atau papan serat kepadatan sedang yang dibuat dengan menggunakan panas dan tekanan untuk merekatkan serat kayu.

Bahan ini memiliki kualitas positif karena terbuat dari bahan daur ulang yang juga memberikan keuntungan, karena lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya. Meski demikian bahan satu ini sama kuat dan tahan lama.

Laminasi

Laminasi terdiri dari lapisan plastik logam dan kayu yang dirapatkan. Permukaan material disegel menggunakan resin termoseting.

Laminasi biasanya digunakan sebagai sentuhan akhir pada perabot rumah tangga karena memiliki kualitas yang awet, murah dan sangat mudah perawatannya.

Umumnya permukaan laminasi memiliki tekstur butiran kayu disimulasikan, tetapi juga tersedia dalam warna solid dan variasi berpola.

Veneer kayu

Proses pembuatan bahan veneer kayu mirip dengan pembuatan laminasi. Veneer terdiri dari lapisan tipis kayu asli yang ditekankan bersama-sama dengan bantuan panas dan tekanan.

Mereka memiliki kualitas yang mudah diaplikasikan pada permukaan yang halus dan rata yang menjadikannya pilihan umum untuk furniture yang dapat dengan mudah dipasang.

Bahan veneer kayu juga tidak mahal tetapi tetap mempertahankan penampilan dan tekstur kayu solid yang sebenarnya.


Kayu solid

Furnitur yang terbuat dari kayu solid adalah yang paling tahan lama. Furnitur kayu solid biasanya dibuat menggunakan kayu yang dipotong dari berbagai pohon seperti beech, maple, dan oak.

Kayu solid cenderung jauh lebih banyak mahal dibandingkan dengan produk olahan kayu lainnya. Biayanya tergantung pada jenis kayu yang dipilih.

Kayu asian hardwood

Ini juga disebut sebagai parawoods, kayu keras tropis dan kayu karet. Furnitur kayu keras karet terkenal ramah lingkungan karena sebelum pohon ditebang, mereka digunakan dalam produksi karet selama minimal 30 tahun.

Pepohonan diawetkan dirawat secara menyeluruh yang memungkinkan kayu tahan lama seperti pilihan lain yang tersedia.

Besi

Varian ini juga merupakan pilihan populer untuk tempat tidur karena bahan yang terkenal kuat dan tahan lama. Varian yang digunakan adalah perpaduan karena jauh lebih kuat dan stabil dibandingkan logam murni yang lunak, rapuh dan lemah.

Rangka logam biasanya dilapisi dengan lapisan tahan atau logam bersisik yang membuatnya tahan lama. Bahan ini lebih solid.

Jenis struktur

Gaya kasual

Desain khusus ini berskala kembali pada detail yang rumit dan menampilkan elemen bertekstur seperti garis tajam dan bersih yang diperkuat dengan aksen logam atau kulit.

Gaya ini juga mencakup fitur lain seperti sesuaikan persegi panjang sudut yang melengkung lembut dan kaki yang meningkatkan elemen gaya kasual yang diadopsi.

Rangka tempat tidur berukuran lebih besar dibandingkan dengan struktur lain karena desain ini berpusat pada peningkatan tingkat kenyamanan dan kegunaan tempat tidur.

Gayanya menggabungkan perasaan santai dan nyaman sekaligus mencakup kehangatan kontemporer.

Gaya transisi

Desain ini memanfaatkan kerumitan pada intinya dengan melakukan detail disamping finishing kayu alami yang diperkuat dengan aksen logam yang dalam dan berkilau.

Palet warna untuk desain ini terbatas pada warna netral seperti tan dan vanila yang cocok untuk semua jenis ruangan, selera, gaya, dan usia.

Gaya transisi memadukan gaya kontemporer dan tradisional melahirkan berbagai macam desain dan gaya untuk dipilih.

Gaya kontemporer

Desain ini memilih untuk meninggalkan hiasan dan elemen kayu dari elemen gaya tradisional, sehingga mengedepankan tampilan yang lebih sederhana dalam hal garis dan bentuk.

Gaya ini minimalis dengan elemen sudut dan geometris yang dipasangkan dengan aksen panel.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/19/123400476/ingin-punya-tempat-tidur-minimalis-ini-yang-harus-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke