Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris Mundur, Pengganti Boris Johnson Mengerucut ke 4 Kandidat

Kompas.com - 19/07/2022, 10:07 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Setelah perdana menteri atau PM Inggris mundur, pengganti Boris Johnson mengerucut ke empat kandidat.

Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak menjadi yang terdepan dengan 115 suara, dalam pemungutan suara ketiga anggota parlemen dari Partai Konservatif pada Senin (18/7/2022).

Di belakangnya ada mantan Menteri Pertahanan Inggris Penny Mordaunt dengan 82 suara, dan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss dengan 71 suara, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Rishi Sunak Makin Dekat Jadi PM Inggris, Gantikan Boris Johnson

Sementara itu, di peringkat empat adalah mantan Menteri Kesetaraan Kemi Badenoch dengan 58 suara.

Tom Tugendhat yang merupakan Ketua Komite Urusan Luar Negeri dan mantan tentara serta kritikus Borish Johnson yang belum pernah menjabat di pemerintahan, tersingkir pada Senin (18/7/2022) karena hanya mengantongi 31 suara.

Sebanyak 358 anggota parlemen dari Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris akan memilih dua calon PM Inggris untuk final minggu ini.

Baca juga:

Hasil pemungutan suara berikutnya dijadwalkan keluar pada Selasa (19/7/2022) pukul 14.00 waktu setempat. Setiap hasil keluar, kandidat dengan suara paling sedikit akan tersisih.

Perdana menteri baru akan diumumkan pada 5 September 2022 setelah 200.000 anggota Partai Konservatif memberikan surat suara saat musim panas.

Boris Johnson sebagai PM Inggris mundur awal bulan ini setelah diterpa berbagai skandal dan kehilangan dukungan banyak orang di Partai Konservatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com