Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Invasi Rusia, Ukraina Putus Semua Hubungan Diplomatik dengan Moskwa

Kompas.com - 24/02/2022, 22:45 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Al Jazeera

KIEV, KOMPAS.com - Ukraina memutuskan semua hubungan diplomatiknya dengan Rusia setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan serangan habis-habisan ke Ukraina melalui darat, udara, dan laut.

Pengumuman pemutusan hubungan diplomatik dengan Rusia tersebut disampaikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Kamis (24/2/2022).

Dia menuturkan, pemutusan hubungan diplomatik dengan Moskwa tersebut merupakan tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Perang Rusia vs Ukraina, Timur Tengah Kena Dampaknya

Keputusan tersebut adalah putusnya hubungan pertama sejak Rusia dan Ukraina menjadi negara merdeka setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991.

“Kami memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia,” kata Zelensky dalam pesan video pada Kamis, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

“Ukraina membela diri dan tidak akan melepaskan kebebasannya, tidak peduli apa yang dipikirkan Moskwa. Rusia dengan keji menyerang negara kita di pagi hari. Sama seperti yang dilakukan Jerman fasis selama perang dunia kedua," tutur Zelensky.

Pemutusan hubungan diplomatik tersebut berselang beberapa jam setelah Putin melancarkan serangan besar-besaran di sepanjang perbatasan utara dan selatan Ukraina.

Baca juga: Serangan Rusia ke Ukraina Terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II

Serangan dimulai setelah Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa dia telah menyetujui "operasi militer khusus".

Langkah itu dilakukan setelah Putin mengakui kemerdekaan dua wilayah yang dikuasai pemberontak di Ukraina timur, Donetsk dan Luhansk.

Putin mengatakan, salah satu alasannya menyerang Ukraina adalah para pemimpin kelompok separatis di Ukraina timur meminta bantuan Rusia.

Baca juga: Banyak Warga Rusia Terkejut Putin Perintahkan Serang Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com