Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Laporkan Kasus Covid-19 Harian Tertinggi dalam 4 Bulan Terakhir

Kompas.com - 25/12/2021, 19:04 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Sabtu (25/12/2021) melaporkan kasus Covid-19 harian tertinggi dalam empat bulan terakhir, ketika para pejabat bergegas menahan wabah di beberapa wilayah, termasuk kota Xi'an di mana jutaan orang masih di-lockdown.

China, tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019, sangat waspada terhadap kasus baru saat bersiap menggelar Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022 di ibu kota Beijing.

Dari 140 kasus baru, 87 di antaranya adalah penularan lokal, menurut Komisi Kesehatan Nasional China yang dikutip AFP, dibandingkan dengan 55 sehari sebelumnya.

Baca juga: Muncul 127 Kasus Covid, China Langsung Lockdown 13 Juta Orang

Sebagian besar kasus berada di Xi'an, provinsi Shaanxi, lokasi 13 juta penduduk di-lockdown sejak Kamis (23/12/2021).

Pada malam Natal, kota itu melaporkan kasus harian tertinggi dalam setahun yaitu 75 kasus domestik, menurut biro kesehatan setempat pada Sabtu.

Ketika China mengurangi kasus seminimal mungkin – berkat strategi nol-Covid dari pembatasan yang ketat, karantina yang panjang, dan lockdown yang ditargetkan – kasus-kasus meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Rekaman dari stasiun tv CCTV negara pada Sabtu menunjukkan antrean panjang di luar pusat pengujian Xi'an, ketika para pejabat bergegas menangani lonjakan terbaru.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com