Baru Berusia 10 Tahun, Gadis Ini Hafal Ibu Kota dan Mata Uang 196 Negara

Kompas.com - 07/05/2021, 20:10 WIB
Seorang gadis berusia 10 tahun, Sara Chhipa, mengantongi rekor dunia karena mampu menghafal ibu kota dan mata uang 196 negara di dunia. KHALEEJ TIMESSeorang gadis berusia 10 tahun, Sara Chhipa, mengantongi rekor dunia karena mampu menghafal ibu kota dan mata uang 196 negara di dunia.

DUBAI, KOMPAS.com – Seorang gadis berusia 10 tahun mengantongi rekor dunia karena mampu menghafal ibu kota dan mata uang 196 negara di dunia.

Melansir Times Now News, Jumat (7/5/2021), gadis tersebut bernama Sara Chhipa. Dia berasal dari Rajasthan, India, dan kini tinggal bersama keluarganya di Dubai, Uni Emirat Arab.

Baca juga: Menolak Menikahi Seorang Pria, Gadis Ini Ditembak Mati di Pakistan

Sebenarnya, ada beberapa anak seusia Sara yang mempu menghafal ibu kota beberapa negara.

Namun, yang membedakan Sara dengan anak-anak lain adalah dia tak hanya hafal ibu kota 196 negara di dunia, tapi juga mata uangnya.

Pencatatan rekor tersebut disiarkan langsung secara virtual melalui Facebook, YouTube, dan LinkedIn pada 2 Mei.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perwakilan dari OMG Book of World Records hadir dalam acara tersebut dan memberikan Sara sertifikat setelah dia memecahkan rekor tersebut.

Baca juga: Gadis yang Curhat Guru Penjas Bilang Pemerkosaan Itu Sedap Kini Dihujat Netizen

Sara menjadi orang pertama yang mengantongi rekor dunia dalam kategori menghafalkan nama ibu kota dan mata uang negara di dunia.

Perjalanan Sara untuk menghafal ibu kota dan mata uang itu dimulai tiga tahun lalu dengan Sushant Mysorekar, pendiri Brain Rhyme Cognitive Solutions.

Siswa kelas 6 dari Gems Modern Academy ini telah menghabiskan lebih dari 1.500 jam untuk menghafal semua nama itu sebagaimana dilansir Khaleej Times.

“Inspirasi saya adalah mentor saya dan orang tua saya. Dorongan konstan mereka menjadi pendorong bagi saya untuk mencapai prestasi ini,” kata Sara kepada Khaleej Times.

Baca juga: Gadis 18 Tahun Mengaku Diperkosa dan Disodomi Ayah dan 3 Saudaranya sejak Tahun Lalu

Sushant telah melatih Sara untuk menghafal nama-nama ini melalui pola pikir kognitif, sistem asosiasi, alat dan teknik kreatif.

“Ketika bertemu Sara di Dubai, saya menyadari bahwa dia memiliki kemampuan yang hebat untuk mengingat banyak hal dan hanya membutuhkan sedikit pemolesan,” kata Sushant.

“Saya dan kedua orang tua Sara berusaha keras dan kami senang dia membuat kami bangga,” imbuh Sushant.

Baca juga: Tak Disangka, Foto Gadis Ini Ternyata Pria Usia 53 Tahun


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X