Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembakan Massal Kembali Terjadi di Colorado AS, Setidaknya Sepuluh Orang Tewas

Kompas.com - 23/03/2021, 11:18 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

COLORADO, KOMPAS.com - Sepuluh orang, termasuk seorang petugas polisi, tewas dalam penembakan massal di sebuah supermarket di Boulder, Colorado pada Senin (22/3/2021).

Kepala Polisi Boulder Maris Herold menerangkan aparat kepolisian menerima laporan telepon tentang letusan senjata dan seseorang dengan "senapan patroli" sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Kepada CNN, salah satu sumber penegak hukum senior mengatakan senjata yang digunakan dalam penembakan itu adalah senapan jenis AR-15.

Polisi wilayah Boulder sekitar 14.49 memberi peringatan di Twitter bahwa ada "Penembak Aktif di King Soopers di Table Mesa. HINDARI AREA."

Saat peristiwa terungkap, helikopter afiliasi CNN KMGH mengamati seorang pria bertelanjang dada dibawa dari supermarket.

Pria itu tampak memiliki luka dengan bercak darah di lengan dan kaki kanannya. Tangannya tampak diborgol di belakangnya saat dua petugas membawanya pergi dengan ambulans.

Tidak jelas apakah pria itu terlibat dalam penembakan aktif yang dilaporkan di dalam toko.

Namun Kepala Kepolisian setempat menyatakan seorang tersangka telah ditahan atas tindak kriminal tersebut.

Setidaknya 10 korban tewas diantaranya teridentifikasi sebagai aparat kepolisian atas nama Eric Talley, (51 tahun), adalah aparat yang bertugas di departemen tersebut sejak 2010.

“Dia adalah salah satu polisi yang pertama sampai di tempat kejadian,” ungkap polisi Maris Herold.

Pusat perbelanjaan itu masih menjadi TKP aktif beberapa jam setelah penembakan dengan kehadiran polisi besar-besaran.

Pada satu titik, pejabat polisi menggunggah di Twitter meminta masyarakat di lokasi lain, sekitar tiga mil jauhnya, untuk berlindung di tempat, karena "adanya orang bersenjata berbahaya."

Tapi ternyata lokasi tersebut tidak terkait dengan penembakan supermarket, kata pejabat.

Baca juga: Penembakan di Atlanta Munculkan Ancaman Baru Orang Asia di Amerika

Disiarkan langsung

Video yang diambil oleh seorang saksi mata penembakan supermarket itu menunjukkan orang-orang tidak bergerak di tanah di dalam dan di luar toko. Terdengar juga suara letupan seperti suara tembakan.

Video tersebut, diambil oleh Dean Schiller, adalah bagian dari siaran langsung yang lebih panjang memperlihatkan kejadian-kejadian saat peristiwa penembakan berlangsung, dan polisi tiba.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com