Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Ramai Beritakan Tim Bulu Tangkis Indonesia Didepak dari All England

Kompas.com - 18/03/2021, 16:42 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BIRMINGHAM, KOMPAS.com - Peristiwa tim bulu tangkis Indonesia yang dipaksa mundur dari All England 2021 turut menjadi perhatian media asing.

Tak hanya pemain, tim ofisial Indonesia pun didepak dari pergelaran badminton prestisius itu.

Setidaknya ada lima media internasional ternama yang memberitakan tim Indonesia dipaksa mundur dari All England. Berikut daftarnya:

Baca juga: BREAKING NEWS - Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021

1. AFP (Perancis)

Agence France-Presse (AFP) mewartakannya di artikel yang berjudul Indonesia badminton team out of All England after virus case on flight.

Di situ, disebutkan inti kejadian akibat seorang penumpang pesawat yang terbang bersama tim Indonesia positif Covid-19.

"Sesuai dengan persyaratan Pemerintah Inggris, seluruh tim akan mengisolasi diri selama 10 hari sejak tanggal penerbangan masuk mereka, setelah seseorang yang melakukan perjalanan di dalam pesawat dinyatakan positif Covid-19," bunyi pernyataan yang dikutip AFP.

"Semua pemain Indonesia tidak akan bisa bertanding di putaran turnamen saat ini atau berikutnya, dan karena itu ditarik dari All England Open 2021," lanjutnya.

Baca juga: Kronologi Tim Bulu Tangkis Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021

AFP melengkapinya dengan hasil terkini, yaitu tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menang di laga pembuka pada Rabu (17/3/2021).

Namun, karena dipaksa mundur dari All England Open 2021, lawan mereka di babak berikutnya pun berhak melenggang dengan hasil walkover.

AFP menutup pemberitaannya dengan kasus ini yang menambah pukulan telak bagi All England karena tanpa negara-negara unggulan.

China, Korea Selatan, dan Taiwan tidak mengirim kontingennya karena pembatasan virus corona. Pertandingan pun digelar tanpa penonton.

Baca juga: Misteri Penumpang yang Bikin Tim Indonesia Dipaksa Mundur dari All England

2. Reuters (Perancis)

Di artikel berjudul Badminton-Indonesia out of All England Open because of COVID-19, Reuters menyoroti perintah dari Otoritas Kesehatan Inggris (NHS) agar tim Indonesia mengisolasi diri selama 10 hari.

Pernyataan BWF yang dikutip Reuters pun dicantumkan, yang berbunyi, "Semua pemain Indonesia tidak akan bisa bertanding di putaran turnamen sekarang atau berikutnya, dan karena itu ditarik dari All England Open 2021."

Reuters memberitakan, BWF pada Rabu telah melakukan tes Covid-19 ulang untuk beberapa pemain, setelah ada keraguan tentang keakuratan pengujian dari Badminton England.

"Hasil tes ulang itu dianggap akurat dan sesuai untuk digunakan oleh Kesehatan Masyarakat Inggris hari ini," kata BWF.

Baca juga: Sejarah All England Open, Mengapa Begitu Prestisius bagi Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com