Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Nuklir Iran Dibunuh dalam Operasi yang "Baru dan Rumit"

Kompas.com - 30/11/2020, 21:12 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran menyatakan, ilmuwan nuklir mereka dibunuh dalam sebuah "operasi yang baru dan rumit", di mana Israel dan oposisi dituding bertanggung jawab.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Laksamana Muda Ali Shamkhani dikutip AFP Senin (30/11/2020).

Shamkhani menuturkan, operasi untuk membunuh Mohsen Fakhrizadeh dieksekusi dengan begitu rumit dan melibatkan peralatan elektronik.

Baca juga: Iran Gelar Pemakaman Ilmuwan Nuklir Top Mohsen Fakhrizadeh

Dia mengatakan kelompok oposisi Rakyat Mujahidin Iran (MEK) bersama dengan pemerintah Israel dan badan rahasia mereka, Mossad.

"Musuh menggunakan metode profesional, baru, dan rumit demi mencapai tujuan mereka," jelas Shamkhani tanpa merinci senjata yang dimaksud.

Media semi-resmi Fars melaporkan tanpa mengutip sumber, serangan terhadap Fakhrizadeh dilakukan menggunakan senapan mesin yang dinaikkan di truk.

Pada Sabtu (28/11/2020), Presiden Hassan Rouhani menuding Israel sebagai "tentara bayaran" AS karena melakukan pembunuhan itu.

Sebelumnya, Mohsen Fakhrizadeh tewas karena lukanya setelah mendapatkan perawatan akibat ditembak di kota Absard pada Jumat (27/11/2020).

Ilmuwan nuklir berusia 62 tahun itu ditembak oleh orang tak dikenal, di mana saksi sebelumnya mengaku mendengar suara ledakan.

Shamkhani menuding bahwa Tel Aviv merencanakan membunuh Fakhrizadeh selama 20 tahun terakhir, di mana mereka juga mengapal pergerakannya.

Dalam upcara pemakaman Fakhrizadeh di Teheran, Shamkhani mengeklaim pasukan keamanan sebenarnya sudah memprediksi di mana si ilmuwan bakal dibunuh.

"Sayangnya, karena frekuensi pemberitaan akan ancaman ini berkurang dalam 20 tahun terakhir, maka sikap siap siaga jauh berkurang," jelasnya.

Menurut Menteri Pertahanan Amir Hatami, Fakhrizadeh merupakan salah satu wakilnya, dan bertanggung jawab bagian penelitian dan pengembangan, termausuk di dalamnya adalah nuklir.

Baca juga: Pelabuhan Haifa, Israel Target Serangan Balasan atas Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com