Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Molave Terjang Vietnam, 36 Orang Dilaporkan Tewas

Kompas.com - 04/11/2020, 17:48 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Xinhua

HANOI, KOMPAS.com - Topan Molave telah menewaskan 36 orang dan menyebabkan 46 orang lainnya hilang di Vietnam.

Laporan itu disampaikan oleh Komite Pengarah Pusat untuk Pencegahan dan Pengendalian Bencana Alam Vietnam pada Selasa (3/11/2020) sebagaimana dilansir dari Xinhua.

Kasus kematian yang jumlahnya naik dari 33 orang yang dilaporkan pada Senin (2/11/2020) tersebut dilaporkan di wilayah tengah dan dataran tinggi tengah Vietnam seperti provinsi Quang Nam, Nghe An, Dak Lak, dan Gia Lai.

Sementara itu, sebagian besar kasus korban hilang akibat topan itu dilaporkan di provinsi Quang Nam dan Binh Dinh, menurut komite tersebut.

Baca juga: Setelah Terjang Filipina, Topan Goni Bakal Terpa Laos

Pihak otoritas mengerahkan lebih dari 7.200 orang bersama dengan 103 kendaraan untuk melakukan upaya pencarian dan penyelamatan serta membantu warga setempat pulih dari efek terjangan topan tersebut.

Hingga Senin, 52 komune di provinsi Quang Nam dan Quang Ngai masih mengalami pemadaman listrik.

Selain itu, Topan Goni, topan ke-10 yang akan menerjang Vietnam tahun ini, diperkirakan segera mendarat di wilayah tengah negara tersebut.

Vietnam sendiri dilanda sejumlah topan dan banjir parah pada Oktober, papar kantor berita pemerintah Vietnam News Agency yang mengutip pernyataan dari Pusat Prakiraan Hidrometeorologi Nasional Vietnam pada Selasa.

Baca juga: Filipina Diterjang Topan Terkuat di Dunia, 10 Orang Tewas

Sebelumnya diberitakan otoritas cuaca Laos memperingatkan bahwa Topan Goni berpotensi melanda negara tersebut itu pada Selasa, usai menyapu Filipina.

Prediksi tersebut dilaporkan oleh Departemen Meteorologi dan Hidrologi di bawah naungan Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan Laos.

Badan itu mengatakan Topan Goni diperkirakan akan mencapai Vietnam sebelum menghantam Laos antara Selasa dan Rabu (4/11/2020).

Baca juga: Berhasil Tangani Dampak Topan, Kim Jong Un Puji Anggota Militer

Topan Goni terbentuk di wilayah barat Filipina, dan menerjang wilayah selatan Luzon, pulau utama di negara itu, pada Minggu (1/11/2020) dengan kecepatan hingga 225 kilometer per jam di dekat pusatnya.

Laos selatan sempat dilanda Topan Molave pada Rabu (28/10/2020) pekan lalu, yang menyebabkan angin kencang dan hujan lebat selama berjam-jam, hingga merusak pohon, rumah, dan lahan pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com