Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Pilot Jet Tempur Rusia Ini Terbang dalam Keadaan Kokpit Terbuka

Kompas.com - 11/10/2020, 17:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pilot jet tempur di Rusia menjadi viral, setelah dia terekam terbang dalam keadaan kokpit tak dilindungi pelindung.

Rekaman berdurasi tiga detik itu dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia, dan diyakini merupakan bagian dari simulasi.

Kanopi dari plexiglas yang berada di atas dan tepian kokpit berfungsi mencegah pilot jet tempur untuk tidak tewas kedinginan.

Baca juga: China Sengaja Larang Ekspor Jet Tempur Siluman J-20, Ini Alasannya

Namun, benda itu nampaknya sengaja dilepas sebagai bagian dari tes darurat jika pesawat mengalami masalah dalam pelontaran pilot.

Analis menyatakan, pilot mengenakan pakaian khusus yang berfungsi sebagai pelindung dari dingin yang ekstrem pada ketinggian tertentu.

Adapun kementerian pertahanan tak memberikan detil ketinggian, kecepatan, maupun tujuan penerbangan tanpa pelindung di kokpit dilakukan.

Hanya saja seperti dilaporkan The Sun Minggu (11/10/2020), jet tempur itu adalah Sukhoi S-57, yang bisa terbang hingga 2.092 km per jam.

Pesawat dengan teknologi siluman tersebut bisa membawa Kinzhal, rudal multi hulu ledak yang bisa terbang hingga 10 kali kecepatan suara.

Adapun latihan "telanjang" itu dilaporkan digelar di Pusat Uji Coba Chkalov yang berlokasi di Akhtubinsk, Region Astrakhan.

Sukhoi S-57, yang dikenal juga sebagai Felon berdasarkan kode NATO, juga membawa rudal pelacak udara ke udara jarak menengah, R-77-1.

Militer "Negeri Beruang Merah" mengeklaim, rudal tersebut bahkan bisa memilih targetnya bahkan ketika sinyal diacak oleh musuh.

Ini adalah pertama kalinya misil yang juga mendaaptkan nama lain Pasal 180, terlihat berdasarkan video yang dirilis Kremlin.

Baca juga: Armenia Tuding Jet Tempur Mereka Dijatuhkan Turki di Nagorny Karabakh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com