Kelompok Pria Bersenjata Tembak Mati 6 Turis Perancis dan 2 Petugas Cagar Alam di Niger

Kompas.com - 10/08/2020, 07:05 WIB
Ilustrasi senjata api.
ShutterstockIlustrasi senjata api.

NIAMEY, KOMPAS.com - Sekelompok pria bersenjata membunuh 8 orang di Republik Niger, termasuk 6 orang turis asal Perancis yang bekerja sebagai sukarelawan, seperti dikutip Aljazeera, Senin (10/8/2020).

Tidak ada klaim pertanggungjawaban atas serangan yang juga menewaskan seorang pemandu berkebangsaan Niger dan seorang supir margasatwa di dekat kota Koure.

Menurut pejabat di negara bagian barat Afrika itu, kelompok pria bersenjata menyerang pada Minggu (9/8/2020) di dekat cagar alam Jerapah di Koure, sekitar 65 kilometer dari ibu kota Niamey. 

"Mereka dihadang dan dibunuh," kata Tidjani Ibrahim Katiella, Gubernur Wilayah Tillaberi sebagaimana dilansir Reuters.

Keenam orang Perancis itu bekerja untuk sebuah kelompok bantuan internasional menurut keterangan Menteri Pertahanan Niger Issoufou Katambe kepada Reuters.

ACTED, nama kelompok bantuan itu membenarkan kabar tersebut.

Adapun para pejabat sebelumnya mengabarkan bahwa 6 warga negara Perancis itu sebagai turis, karena cagar alam tempat di mana peristiwa penembakan terjadi adalah atraksi populer di Niger.

Dalam sebuah pernyataan, Asosiasi Pemandu Cagar Alam Jerapah Koure menggambarkan para penyerang sebagai "kelompok teroris" dan mengatakan bahwa presiden cagar alam itu, Kadri Abdou, termasuk dalam daftar korban tewas.

Baca juga: Sedang Istirahat, 8 Karyawan Foraco di Niger Tewas Diserang Teroris

Kelompok bersenjata menunggangi motor

Saluran Televisi TF1 Perancis menyiarkan gambar yang diambil dari tempat kejadian, menunjukkan sisa-sisa kendaraan 4x4 yang hangus terbakar dengan lubang peluru berjejak di bagian pinggir kendaraan itu.

Kantor Presiden Perancis Emmanuel Macron sebelumnya mengonfirmasi bahwa warga negara Perancis telah tewas di Niger, tanpa memberikan rincian tambahan. Macron mengatakan, dirinya telah berbicara via telepon dengan Presiden Niger Mahamadou Issoufou.

Halaman:

Sumber Aljazeera
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X