WNI di Norwegia dan Islandia Jalin Silaturahmi Online Saat Wabah Covid-19

Kompas.com - 19/04/2020, 20:42 WIB
Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Todung Mulya Lubis saat memhuka konferensi video silaturahmi online WNI di Norwegia dan Islandia. KBRI OsloDuta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Todung Mulya Lubis saat memhuka konferensi video silaturahmi online WNI di Norwegia dan Islandia.

OSLO, KOMPAS.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, WNI di Norwegia dan Islandia menggelar silaturahmi online.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh KBRI Oslo pada Jumat (17/4/2020) sore waktu setempat, guna menampung aspirasi WNI dan diaspora Indonesia di kedua negara tersebut.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Todung Mulya Lubis dalam pembukaannya menyapa 76 peserta yang tergabung dalam konferensi video.

Baca juga: Survei: Israel Negara Paling Aman Saat Pandemi Covid-19

Ia melanjutkan dengan menyampaikan perkembangan terkini pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung di Norwegia dan Islandia.

Data dari Norwegian Institute of Public Health (NIPH) hingga 17 April 2020 menyebutkan, 6.791 orang positif Covid-19 di Norwegia dengan 136 korban jiwa.

Sementara itu ada 1.754 kasus Covid-19 di Islandia yang dilaporkan oleh Directorate of Health, dengan 9 korban meninggal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Klan Mafia Italia Manfaatkan Situasi di Tengah Wabah Virus Corona

Dalam sesi diskusi, berbagai elemen masyarakat Indonesia yang berada di kota Oslo, Stavanger, Bergen dan Reykjavik menyampaikan situasi terkini, khususnya masalah yang tengah dihadapi.

Sebagian besar mengaku banyak menemui kendala di bidang kerja, visa-paspor, logistik, hingga rencana untuk bepergian ke Indonesia.

Lebih jauh, beberapa peserta konferensi video di antaranya Andira Aranandita dan Luna Mamora dari kota Bergen, Norwegia, menyampaikan usulan untuk menginisiasi penggalangan dana untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

Atas inisiatif ini, Dubes Mulya menyampaikan apresiasinya. Ia mengingatkan agar bantuan disalurkan lewat saluran resmi pemerintah, yakni Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang merupakan ujung tombak rantai komando penanganan epidemi Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: UPDATE 19 April: Pasien Covid-19 Bertambah 327, Jadi 6.575 Orang

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.