Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berusia 19 Tahun, Singa Tertua di Dunia Mati Ditombak Penggembala

Hewan jantan bernama Loonkito itu tersesat masuk kandang ternak di pinggiran Taman Nasional Amboseli yang terkenal di Kenya, kata juru bicara Kenya Wildlife Service (KWS) Paul Jinaro kepada AFP, Jumat (12/5/2023).

"Dia singa tua yang kesulitan mendapatkan mangsanya sendiri dan ternak adalah mangsa yang mudah," jelas Jinaro. "Singa normal akan mencari satwa liar di dalam taman."

Singa Afrika biasanya berumur hingga 18 tahun di alam liar, menurut kelompok konservasi Cats for Africa.

KWS pada 2021 menyebut Loonkito sebagai kucing besar legendaris yang mempertahankan wilayahnya selama lebih dari sepuluh tahun.

Kelompok konservasi Lion Guardians memuji Loonkito sebagai "simbol ketahanan dan koeksistensi".

"Dengan berat hati kami berbagi berita tentang maitnya Loonkito (2004-2023), singa jantan tertua di ekosistem kami dan mungkin di Afrika," ujar organisasi nirlaba itu di Facebook.

Pada Juli 2021, seekor singa menyebabkan kepanikan setelah keluar dari habitatnya di Taman Nasional Nairobi ke permukiman yang ramai saat jam sibuk pagi hari.

  • 5 Singa Kabur dari Kandang di Taronga Zoo, Lockdown Seketika Diberlakukan
  • Pria Tewas Diterkam Singa Usai Lompati Pagar Pembatas Kebun Binatang

Taman ini hanya berjarak tujuh kilometer dari jantung ibu kota Kenya.

Insiden hewan kabur dari dataran berumput menuju kota metropolis dengan lebih dari empat juta penduduk sudah pernah terjadi sebelumnya.

Pada Desember 2019, seekor singa menganiaya pria hingga tewas di luar taman, sedangkan pada Maret 2016 singa lainnya ditembak mati setelah menyerang dan melukai warga sekitar.

Sebulan sebelumnya pada Februari 2016, dua singa menghabiskan satu hari berkeliaran di Kibera, daerah kumuh kota yang padat, sebelum kembali ke taman. Beberapa hari kemudian lebih banyak singa terlihat di kota itu.

Diperkirakan ada 2.500 singa di Kenya, menurut catatan margasatwa nasional pertama negara itu yang dilakukan pada 2021.

https://www.kompas.com/global/read/2023/05/14/105300970/berusia-19-tahun-singa-tertua-di-dunia-mati-ditombak-penggembala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke