Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Europol Tangkap Salah Satu Pencuci Uang Terbesar Eropa di Spanyol

Dikatakan bahwa tersangka keturunan Inggris-Irlandia tersebut diyakini memutar uang lebih dari 200 juta euro (Rp 2,98 triliun) secara ilegal.

Dia ditahan pada Senin (12/9/2022) "sebagai hasil dari operasi penegakan hukum internasional yang dipimpin oleh Garda Sipil Spanyol. Dua rekannya juga ditangkap di Spanyol, dan satu di Inggris," kata Europol dikutip dari kantor berita AFP, Kamis (15/9/2022).

Europol tidak menyebutkan nama tersangka, tetapi sumber yang dekat dengan penyelidikan dan koran-koran Irlandia mengatakan dia adalah John Francis Morrissey (62) dari kelompok kejahatan terorganisir Kinahan yang terkenal kejam.

Morrissey "dan rekan-rekannya bertugas mengumpulkan sejumlah besar uang tunai dari organisasi kriminal yang kemudian akan mereka 'kirimkan' ke organisasi kriminal lain di negara lain," imbuh Europol.

Menggunakan sistem perbankan bawah tanah yang bekerja berdasarkan transaksi tatap muka, "diyakini para tersangka telah mencuci lebih dari 200 juta euro menggunakan metode ini," terang Europol.

Morrissey "adalah salah satu target bernilai tinggi kami," kata juru bicara Europol Claire Georges kepada AFP.

"Penangkapannya mengikuti penyelidikan kompleks yang dipimpin oleh Garda Sipil Spanyol, yang bekerja sama dengan Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA), polisi Belanda, dan Garda Irlandia dan Europol," yang mengoordinasikan operasi internasional.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/16/074500370/europol-tangkap-salah-satu-pencuci-uang-terbesar-eropa-di-spanyol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke