Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Kemelut China-Taiwan, Biden Akan Bertemu Xi Jinping Kamis

Ini kata sumber yang akrab dengan perencanaan tersebut.

Pertemuan akan digelar di tengah ketegangan baru atas invasi China ke Taiwan dan Rusia ke Ukraina.

Dilansir Reuters, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pada Selasa (26/7/2022) bahwa mengelola persaingan ekonomi antara kedua negara juga akan menjadi fokus pembicaraan keduanya.

Ini akan menjadi pertemuan kelima antara para pemimpin, dan datang ketika China menyampaikan peringatan kepada pemerintahan Biden tentang kemungkinan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi untuk membahas pemerintahan Taiwan secara demokratis.

Padahal sejauh ini, Beijing masih mengeklaim Taiwan sebagai wilayahnya.

"Semuanya dimulai dari ketegangan atas Taiwan, perang di Ukraina, serta bagaimana kita mengatur persaingan yang lebih baik antara kedua negara kita, tentu dalam bidang ekonomi," kata Kirby tentang topik yang akan dibahas.

"Ini adalah panggilan yang sudah dijadwalkan sejak lama dan sudah ada agenda yang cukup kuat untuk dibicarakan kedua pemimpin ini," katanya.

Di bawah kebijakan satu China, Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum AS untuk membantu pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Gedung Putih telah cepat untuk mengulangi sikap yang tidak berubah meskipun spekulasi atas kemungkinan perjalanan oleh Pelosi.

Kirby mengatakan bahwa Pelosi berada dalam garis suksesi menjadi presiden dan dengan demikian, perjalanannya ke luar negeri adalah masalah keamanan nasional AS.

Tapi hanya dia yang bisa membuat keputusan tentang perjalanannya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/27/153000770/di-tengah-kemelut-china-taiwan-biden-akan-bertemu-xi-jinping-kamis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke