Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

POPULER GLOBAL: Kenapa Indonesia Beli Minyak Rusia | Jajanan Kinder Ditarik karena Salmonella

Di bawahnya ada rangkuman hari ke-39 invasi rusia ke Ukraina, dan berita-berita negara Baltik menghentikan impor gas Rusia.

Sementara itu, jajanan telur cokelat Kinder ditarik dari pasaran Inggris atas kekhawatiran Salmonella, dan wajah semringah Singapura tanpa masker mulai terlihat sejak pekan lalu.

Berikut adalah rangkuman populer global sepanjang Senin (4/4/2022) hingga Selasa (5/4/2022) pagi.

1. Kenapa Indonesia Mau Beli Minyak Rusia Saat Negara Lain Melarang?

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah mengeluarkan ancaman akan menghentikan pasokan gas ke negara-negara yang "tidak bersahabat" jika mereka tidak membayar impor gas dalam mata uang rubel Rusia.

Ancaman itu muncul setelah Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris memberlakukan pembatasan impor minyak dan gas dari Rusia akibat invasinya ke Ukraina Februari lalu.

Di tengah upaya negara-negara yang membatasi hingga menghentikan impor energi dari Rusia, Indonesia, melalui perusahaan BUMN Pertamina, berencana membeli minyak mentah dari Rusia yang harganya lebih murah dari pasar internasional.

Baca selengkapnya di sini.

2. Rangkuman Hari Ke-39 Invasi Rusia ke Ukraina, Pasukan Ukraina Rebut Kyiv, Moskwa Dituding Lakukan Pembantaian

Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-39 pada Minggu (3/4/3033) sejak dimulai pada 24 Februari.

Ukraina mengeklaim bahwa pihaknya telah mendapatkan kembali kendali atas wilayah Kyiv dan menuding Rusia melakukan pembantaian di Bucha.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan itu.

Baca selengkapnya di sini.

3. Negara-negara Baltik Hentikan Impor Gas Rusia, Desak Uni Eropa Lakukan Hal yang Sama

Latvia mengatakan, negara-negara Baltik tidak lagi mengimpor gas Rusia, saat negara-negara Eropa lainnya masih mencoba memutuskan ketergantungan energinya pada Moskwa setelah invasi ke Ukraina.

“Jika masih ada keraguan tentang apakah mungkin ada kepercayaan dalam pengiriman (gas) dari Rusia, peristiwa terkini jelas menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada lagi kepercayaan,” Uldis Bariss, CEO Conexus Baltic Grid – operator penyimpanan gas alam Latvia, mengatakan pada Sabtu (2/4/2022).

“Sejak 1 April, gas alam Rusia tidak lagi mengalir ke Latvia, Estonia, dan Lithuania,” katanya kepada radio Latvia, seraya menambahkan bahwa konsumen Baltik saat ini dilayani oleh cadangan gas yang disimpan di bawah tanah di Latvia.

Baca selengkapnya di sini.

4. Jajan Telur Cokelat Kinder Ditarik dari Pasaran di Inggris karena Kekhawatiran akan Salmonella

Para orang tua di Inggris didesak untuk tidak memberi anak-anak mereka jajanan telur cokelat Kinder Surprise tertentu karena kemungkinan adanya Salmonella.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) mengatakan, “telur” tersebut memiliki hubungan potensial dengan wabah Salmonella di mana 57 kasus telah ditemukan, dengan lebih dari tiga perempatnya adalah anak-anak berusia lima tahun atau lebih muda.

Dilansir dari Sky News, Ferrero yang memiliki merek Kinder telah menarik kembali sejumlah produk telur 20 g satuan dan produk telur yang datang dalam kemasan tiga buah dengan tanggal “baik digunakan sebelum” 11 Juli 2022 dan 7 Oktober 2022.

Baca selengkapnya di sini.

5. Wajah Semringah Singapura Tanpa Masker Covid-19

Wajah-wajah semringah warga Singapura untuk kali pertama terlihat jelas dalam dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 mengguncang dunia.

Normalisasi kehidupan dengan new normal hidup bersama Covid-19 yang endemik telah dimulai di Singapura.

Pantauan Kompas.com di lapangan sejak Selasa (29/3/2022) menunjukkan, warga "Negeri Singa” terlihat hilir mudik di penjuru negara kota itu tanpa memakai masker.

Baca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/05/060100670/populer-global--kenapa-indonesia-beli-minyak-rusia-jajanan-kinder-ditarik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke