Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Api yang Menewaskan 25.000 Orang dan Menghancurkan Satu Kota di Kolombia Aktif Lagi

Aktivitas gunung tersebut terlihat lagi mulai Sabtu (13/11/2021), menurut keterangan Badan Geologi Kolombia yang dikutip AFP.

Gunung Nevado del Ruiz akhir pekan itu memuntahkan abu dan gas, pada peringatan 36 tahun letusan dahsyatnya.

Nevado del Ruiz di Kolombia barat adalah salah satu dari banyak gunung berapi di Cincin Api, jalur di sekitar lengkung Pasifik banyak dihuni gunung berapi aktif dan sering terjadi gempa bumi.

Pada akhir 1985, setelah puluhan tahun tertidur, gunung Nevado del Ruiz mulai bergemuruh.

Kemudian, tanggal 13 November gunung itu meletus, memancarkan begitu banyak panas sehingga melelehkan salju yang menutupi gunung itu secara permanen.

Letusan gunung Nevado del Ruiz memicu banjir lumpur yang mengalir dan menyapu kota Armero, menewaskan separuh dari 50.000 penduduknya.

Terukir dalam ingatan orang Kolombia dan orang-orang di seluruh dunia adalah rekaman Omayra Sanchez yang berusia 13 tahun, yang terperangkap di puing-puing rumahnya yang hancur dengan air dan lumpur hingga ke lehernya.

Dia terjebak tiga hari seperti itu sampai akhirnya meninggal.

Letusan Nevado del Ruiz dianggap sebagai bencana alam terburuk dalam sejarah Kolombia, dan salah satu letusan gunung berapi paling mematikan di abad ke-20.

Sekarang, Nevado del Ruiz berada dalam periode ketidakstabilan selama lebih dari 11 tahun, kata Badan Geologi Kolombia.

https://www.kompas.com/global/read/2021/12/06/140100970/gunung-api-yang-menewaskan-25.000-orang-dan-menghancurkan-satu-kota-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke