Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Israel Kembali Kirim Serangan Rudal ke Dekat Ibu Kota Suriah

DAMASKUS, KOMPAS.com - Media pemerintah Suriah mengatakan Israel kembali mengirim serangan rudal menargetkan sebuah rumah kosong di dekat ibu kota, tetapi tidak ada korban yang dilaporkan.

Dua rudal Israel dikirim pada Rabu (17/11/2021) dini hari dari Dataran Tinggi Golan yang diduduki, ditujukan ke gedung di selatan dekat Damaskus, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada hari yang sama.

Kantor berita pemerintah, SANA, menambahkan bahwa sistem pertahanan Suriah berhasil mencegat salah satu serangan rudal Israel yang berusaha masuk.

Serangan rudal Israel pada Rabu terjadi tak lama setelah tengah malam, yaitu sekitar pukul 12.45, kata SANA.

Serangan rudal Israel itu tidak menimbulkan kerugian.

Israel yang telah melakukan ratusan serangan dalam beberapa tahun terakhir, tidak segera mengomentari laporan tersebut.

Awal November, 2 tentara Suriah tewas setelah Israel melakukan serangan udara di dekat pedesaan timur Homs dan kota pesisir Tartous.

Pada Oktober, seorang tentara Suriah tewas dan 3 lainnya terluka dalam serangan udara Israel di dekat Palmyra di Homs.

Serangan udara itu terjadi di tengah peningkatan serangan yang dilaporkan dilakukan oleh Israel di Suriah dalam beberapa pekan terakhir.

Israel jarang mengakui atau membahas serangan di dalam wilayah Suriah, hanya mengakui menargetkan pangkalan-pangkalan kelompok sekutu Iran, seperti kelompok Hezbollah yang kuat.

Dikatakan bahwa kehadiran Iran di perbatasan utara adalah garis merah. Israel menganggap Iran, pendukung militer Presiden Suriah Bashar Al-Assad, musuh regional utamanya.

Israel telah berulang kali menyerang apa yang digambarkan sebagai fasilitas dan konvoi senjata terkait Iran yang ditujukan untuk Hezbollah, yang berperang di pihak pasukan Al-Assad dalam perang satu dekade di Suriah.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/17/160842170/israel-kembali-kirim-serangan-rudal-ke-dekat-ibu-kota-suriah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke