Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taliban Izinkan Perempuan Belajar di Universitas, asalkan…

KABUL, KOMPAS.com – Taliban mengizinkan perempuan di Afghanistan untuk melanjutkan studinya di universitas, termasuk di tingkat pascasarjana.

Tetapi, ruang kelas akan dipisahkan berdasarkan gender dan perempuan diwajibkan memakai pakaian “Islami” versi Taliban.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pendidikan Tinggi Afghanistan Abdul Baqi Haqqani di bawah pemerintahan baru yang dibentuk oleh Taliban.

Haqqani memaparkan kebijakan terbaru tersebut dalam konferensi pers pada Minggu (12/9/2021) sebagaimana dilansir Associated Press.

Sejak Taliban menduduki Kabul pada 15 Agustus, komunitas internasional menerka-nerka kebijakan apa yang bakal mereka terapkan, termasuk pemenuhan hak-hak perempuan.

Pasalnya, ketika Taliban berkuasa di Afghanistan pada 1996 hingga 2001, anak perempuan dan wanita tidak diperkenankan mengenyam pendidikan.

Selain itu, Taliban juga melarang keras musik dan seni selama periode kekuasannya tersebut.

Kini, setelah kembali merebut kekasaan di Afghanistan, Taliban menyatakan bahwa mereka telah berubah, termasuk sikap mereka terhadap perempuan.

Namun beberapa hari terakhir, kelompok tersebut memakai kekerasan dalam menanggapi pengunjuk rasa perempuan yang menuntut persamaan hak.

Haqqani mengatakan, Taliban tidak akan kembali ke 20 tahun lalu. “Kami akan mulai membangun apa yang ada hari ini,” katanya.


Haqqani menuturkan, perempuan yang melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi diwajibkan memakai hijab. Tidak jelas apakah penutup wajah juga wajib dipakai.

Dia menambahkan, pemisahan ruang kelas berdasarkan gender juga akan diterapkan.

“Kami tidak akan mengizinkan anak laki-laki dan perempuan untuk belajar bersama. Kami tidak akan mengizinkan mereka bersama (dalam satu kelas),” sambung Haqqani.

Haqqani mengatakan mata pelajaran yang diajarkan di universitas juga akan ditinjau tetapi tidak merinci sejauh mana tinjauan yang dimaksud.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/12/161834370/taliban-izinkan-perempuan-belajar-di-universitas-asalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke